kumparan
15 Sep 2018 23:02 WIB

Gol Xhaka dan Oezil Antar Arsenal pada Kemenangan atas Newcastle

Oezil dan Xhaka hadirkan kemenangan untuk Arsenal. (Foto: REUTERS/Scott Heppell )
Arsenal kembali berhasil melanjutkan tren kemenangan setelah mempermalukan Newcastle United 2-1 pada pekan kelima Premier League 2018/19, Sabtu (15/9/2018). Granit Xhaka dan Mesut Oezil jadi pahlawan Arsenal lewat masing- masing satu gol yang mereka cetak di St James' Park tersebut. Sementara tuan rumah hanya mampu membalasnya lewat aksi Ciaran Clark di menit-menit akhir.
ADVERTISEMENT
Tambahan tiga angka tersebut mengantar Arsenal naik dua strip ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan dengan koleksi 9 poin. Sedangkan Newcastle yang baru mengemas sebiji poin masih terkungkung di zona degradasi.
Datang ke markas Newcastle, Unai Emery kembali menurunkan komposisi pemain yang sama saat berhasil memetik kemenangan atas Cardiff di pekan sebelumnya. Aaron Ramsey, Mesut Oezil, dan Pierre-Emerick Aubameyang mengisi tiga slot gelandang dalam pakem 4-2-3-1. Sementara Alexandre Lacazette, pemain yang menyumbangkan satu gol dan assist ke gawang Cardiff, dipercaya untuk tampil sejak menit pertama.
Kubu Newcastle sedikit berbeda karena kembali merombak formasi dasarnya. Tiga kekalahan beruntun di semua ajang jadi landasan Benitez untuk berbenah. Mantan pelatih Liverpool itu kini mengaktifkan mode menyerang dengan menanggalkan lima bek yang dipakainya dalam dua laga terakhir. Lebih tepatnya, dia menitikberatkan lini tengah sebagai area terkuatnya, dalam skema dasar 4-4-1-1.
ADVERTISEMENT
Memang serangan The Magpies yang mengandalkan pergerakan dinamis Joselu belum membuahkan hasil. Namun, pertahanan mereka masih bersih dari gangguan lawan. Para penggawa Arsenal mengalami kesulitan untuk menembus area pertahanan mereka.
Hingga akhir babak pertama, Lacazette tercatat telah empat kali kehilangan penguasaan bola. Disusul Ramsey dan Aubamyeng yang masing-masing tiga kali gagal menjaga kepemilikan bola. Situasi demikian yang membuat Arsenal hanya mampu melepaskan dua tembakan dan tak ada satupun yang mengenai sasaran. Skor kacamata pun bertahan hingga turun minum.
Akhirnya Arsenal berhasil memecahkan kebuntuan, tepatnya lima menit usai rehat. Eksekusi tendangan bebas Xhaka meluncur deras ke sisi kiri gawang yang tak mampu dijangkau Martin Dubravka. Menariknya itu adalah shoot on target pertama The Gunners di laga kala ini.
ADVERTISEMENT
Ciaran Clark rayakan gol ke gawang Arsenal. (Foto: Reuters/Lee Smith)
Keputusan Emery untuk menukar Lucas Torreira dengan Matteo Guendouzi terbukti jitu. Arsenal menjadi lebih kuat dalam memenangi duel di area sentral. Alhasil, mereka sukses menggandakan keunggulan di menit 58, Oezil sukses mengonversi bola liar di kotak penalti Newcastle. Gol yang juga menjadi lesakan pertama Oezil di Premier League musim ini.
Tertingal dua gol membuat Benitez bereaksi. Kenedy dan Yoshinori Muto dimasukkan demi mendongkrak daya gedor. Namun, hasilnya masih nihil. Serangan Newcastle yang terpusat di sisi sayap masih bisa dipatahkan barisan belakang Arsenal.
Malah 'Meriam London' hampir saja menambah pundi-pundi golnya andai sepakan kaki kanan Torreira tak melambung dari sasaran. Pun demikian dengan peluang Danny Welbeck yang masih menyamping di sisi kiri gawang Dubravka.
ADVERTISEMENT
Hingga akhirnya kebuntuan Newcastle pecah di pengujung laga setelah Clark berhasil menyambar umpan silang Federico Fernandez dari sisi kanan. Namun, aksi itu terlambat. Tak lama kemudian wasti Lee Probert meniup peluit panjang. Skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·