Pencarian populer

Malam Sempurna untuk Paulo Gazzaniga

Kiper hebat lainnya milik Spurs, Paulo Gazzaniga. (Foto: Action Images via Reuters/Andrew Couldridge)
Emirates Stadium tak membuat Tottenham Hotspur gentar. Sebagai bukti, pasukan Mauricio Pochettino itu mampu menundukkan Arsenal – si empunya stadion – dengan skor 2-0 dalam laga perempat final Piala Liga Inggris musim 2018/19 yang dihelat pada Kamis (20/12/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Ketika membicarakan kemenangan itu, rasanya kelewat sayang jika tak membicarakan performa apik Paulo Gazzaniga. Kiper berkebangsaan Argentina itu berhasil mencegah tembakan-tembakan yang dilancarkan Arsenal masuk ke dalam gawangnya.
Seperti yang terjadi ketika laga berjalan 12 menit. Setelah lancarkan operan satu-dua dengan Aaron Ramsey, Henrikh Mkhitaryan berada dalam kondisi satu lawan satu dengan Gazzaniga. Mantan kiper Southampton itu kemudian berhasil menghalau upaya Mkhitaryan menjadi gol dengan begitu tenang.
Di menit ke-42, Gazzaniga kembali melakukan penyelamatan gemilang. Prosesnya bermula dari tembakan yang dilancarkan Ramsey, dalam kondisi tak terkawal di kotak penalti, usai menerima umpan dari Alex Iwobi.
Tangan Gazzaniga memang tak bisa menghalau umpan ini dengan sempurna, namun dia tak kehabisan akal. Dengan kepalanya, kiper berusia 26 tahun itu mengenyahkan bola supaya jauh dari gawangnya.
ADVERTISEMENT
Aksi penyelamatan Paulo Gazzaniga. (Foto: Reuters/David Klein)
Namun, Gazzaniga tak hanya andal dalam urusan mencegah kebobolan, melainkan juga menginisiasi serangan. Bahkan, ada campur tangan Gazzaniga di balik terciptanya seluruh gol Spurs pada laga ini.
Gol Spurs yang diciptakan Son Heung-min pada menit ke-20, misalnya. Setelah berhasil mencegah Alex Iwobi mencetak gol, Gazzaniga langsung melancarkan umpan lambung ke tengah lapangan. Karena panik, Sokratis Papastathopaulos terpleset ketika hendak menghalau bola dan Lucas Moura. Pemain asal Brasil itu pun bisa memberikan umpan kepada Dele Alli.
Kemudian Alli melancarkan umpan terobosan yang dialamatkan kepada Son. Setelah menerima bola, Son melakukan aksi dribel sebelum melepaskan tembakan yang berbuah gol.
Gol kedua Spurs pada laga ini memiliki skema serupa gol pertama. Tendangan keras Gazzaniga dari kotak penalti Spurs berhasil sampai ke kaki Harry Kane di tengah lapangan. Kemudian Kane melancarkan umpan terobosan kepada Alli. Dalam situasi satu lawan satu, eks gelandang MK Dons itu lancarkan tembakan lambung yang berhasil bersarang ke gawang Arsenal.
ADVERTISEMENT
Gazzaniga musim ini memang hebat. Dia tak kerepotan ketika diminta menjadi kiper sementara Spurs kala Hugo Lloris terlibat masalah mengendarai mobil saat mabuk. Di Piala Liga Inggris musim ini, Gazzaniga selalu dipercaya menjaga gawang tim berjuluk The Lilywhites itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80