Pencarian populer

Mustahil 10 Negara ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Piala Dunia 2018. Foto: REUTERS/Carl Recine
Masih 15 tahun lagi, tetapi pembicaraan mengenai tuan rumah Piala Dunia 2034 semakin menghangat. Terbaru, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) mengaku telah berdiskusi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait rencana pencalonan tuan rumah bersama.
ADVERTISEMENT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan ketertarikan Australia untuk maju bersama Indonesia guna mencalonkan tuan rumah Piala Dunia 2034 tak lepas dari keputusan mundurnya Thailand. Sebelumnya, gagasan menjadi tuan rumah telah terlebih dahulu dilontarkan dengan mengusung negara-negara ASEAN.
Pencalonan negara Asia Tenggara sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 diumumkan Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, ketika KTT ASEAN di Bangkok pada Minggu (24/6). Terdapat 10 negara yang disiapkan yakni Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Brunei.
Meski demikian, niatan tersebut dipertanyakan oleh Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompunmuang. Menurutnya, mustahil 10 negara mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama untuk Piala Dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir FoxSports, Senin (1/7/2019), Somyot mengaku telah menyerahkan detail mengenai proses pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034 kepada pemerintah Thailand.
"Sekarang tergantung kepada pemerintah (jika ingin benar-benar menjadi tuan rumah Piala Dunia," ujar Somyot.
"Saya telah mendengar Indonesia telah siap untuk tuan rumah bersama (Australia). Tapi, mustahil 10 negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah bersama. Mungkin hanya dua atau tiga (negara)," lanjutnya.
Sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia, tercatat maksimal hanya tiga negara menjadi tuan rumah bersama. Hal itu akan terjadi di Piala Dunia 2026 ketika Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko didaulat menjadi tuan rumah. Sedangkan, Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2022.
ADVERTISEMENT
Somyot mengaku masih menunggu respon pemerintah Thailand terkait pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034. Apalagi, Australia juga masih membuka kesempatan untuk berbicara dengan negara Asia Tenggara lainnya--selain Indonesia--untuk mencalonkan diri bersama di Piala Dunia 2034 nanti.
"Jika pemerintah serius tentang ini, saya akan berbicara dengan FIFA terkait pencalonan menjadi tuan rumah (Piala Dunia 2034," tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81