kumparan
11 Sep 2019 17:13 WIB

Makan 4 Mooncake Setiap Hari, Warna Darah Laki-laki Ini Berubah Putih

Ilustrasi Mooncake Foto: Dok. JW Marriott Hotel Jakarta
Kue bulan atau yang akrab disebut mooncake merupakan kue yang sering dihidangkan saat perayaan festival musim gugur. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk bulat dengan lekuk-lekuk di berbagai sisinya. Sementara di bagian atasnya terdapat pola ukiran atau kaligrafi khas China.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki tekstur yang legit dan manis, ternyata kue ini tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Alasannya tak lain dan tak bukan karena mengandung gula dan minyak dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan menurut data, satu buah kue bulan mengandung jumlah kalori berkisar 716 kkal.
Anjuran kesehatan ini memang tak bisa disepelekan. Beberapa waktu yang lalu, seorang laki-laki paruh baya bermarga Wang dari Hangzhou, China mengonsumsi begitu banyak kue bulan hingga darahnya berubah menjadi warna putih susu.
Dilansir dari Bastille Post, tindakan itu ia lakukan lantaran ia tidak mau menyia-nyiakan kue bulan yang ada di rumahnya. Menurut penuturannya, ia bisa mengonsumsi tiga hingga empat kue bulan hampir setiap hari selama empat bulan.
ADVERTISEMENT
Laki-laki paruh baya tersebut menyampingkan fakta bahwa ia adalah seorang pasien uremik dengan riwayat gagal ginjal yang perlu mencuci darah. Pada suatu hari, Wang pergi ke klinik untuk pemeriksaan. Lalu para ahli medis terkejut saat menemukan aliran darahnya mengalir lambat dengan darah yang keruh serta warnanya berubah seperti putih susu.
Atas hasil pemeriksaan tersebut, dokter kemudian mengirim darah Wang untuk diperiksa lebih lanjut. Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa kadar trigliserida dalam darah Wang berkisar 16,6 mmol / L, atau sepuluh kali lebih tinggi dari orang normal.
Trigliserida atau triasilgliserol adalah jenis lemak yang terbentuk dari kalori yang tidak terpakai dan disimpan pada sel lemak. Tak hanya itu, ia juga terbentuk dari produk akhir dari hasil pencernaan makanan. Trigliserida sendiri dibutuhkan tubuh ketika dalam jeda waktu makan dan saat tubuh membutuhkan energi lebih. Menurut data yang dirilis Mayo Clinic, sejatinya kadar trigliserida pada orang normal biasanya kurang dari 1,7 mmol / L.
ADVERTISEMENT
Dari hasil pemeriksaan itu, dokter lalu menghubungi Wang bahwa tingkat trigliserida sangat tinggi. Wang lalu terkejut dan merasa sedih karena ia tidak bisa menikmati kue bulan lagi.
Dokter lalu mengingatkan Wang untuk mengurangi makanan manis dengan kandungan gula dan lemak yang sangat tinggi (apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit).
Atas kejadian itu, Wang lalu mendapatkan perawatan intensif dan indikator kesehatannya kembali normal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·