kumparan
25 Agu 2019 11:05 WIB

Minum Boba 3 Kali Sehari, Laki-laki Vietnam Alami Penyumbatan Usus

Ilustrasi Boba. Foto: Shutter Stock
Minuman boba memang menggoda. Rasanya manis, dengan topping bola-bola bertekstur kenyal. Tak heran banyak orang yang menggandrunginya, sampai ketagihan. Sayangnya, jika dikonsumsi secara berlebihan minuman boba bisa menyebabkan masalah kesehatan.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini terjadi lagi sebuah kasus yang disebabkan oleh minuman boba. Dilansir dari World of Buzz, kasus itu menimpa seorang laki-laki asal Vietnam (20) yang mengalami penyumbatan usus gara-gara keseringan minum bubble tea atau boba.
Kejadian itu berawal saat pertengahan juli lalu, laki-laki asal Vietnam itu mengalami rasa sakit luar biasa pada bagian perut selama 20 hari berturut-turut. Karena kondisinya tidak kunjung membaik, ia pun pergi ke sebuah klinik dan mendapatkan perawatan intensif selama lima hari.
Sayangnya, rasa sakit pada bagian perutnya itu tak kunjung membaik. Akhirnya, pada 19 Agustus lalu, keluarga pemuda itu memutuskan untuk membawanya ke sebuah rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa, dokter mengatakan bahwa pemuda tersebut mengalami penyumbatan usus.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, dokter juga mengatakan bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh sisa makanan yang tidak dicerna dengan baik, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan di dalam usus.
Karena kejadian tersebut, ia harus menjalani tindakan operasi untuk mengeluarkan dua gumpalan hitam besar di dalam ususnya. Setelah dianalisis, gumpalan hitam itu ternyata kumpulan tepung tapioka yang mengendap di dalam usus.
Usus punya usut, pemuda tersebut dulunya bekerja di sebuah toko minuman bubble tea. Ia kemudian menjadi suka dengan minuman tersebut, dan memilih untuk meminum bubble tea daripada mengonsumsi makanan padat nutrisi. Parahnya lagi, ia juga sering mengganti makanan pokoknya dengan bubble tea selama tiga kali sehari.
Ilustrasi Sakit Perut. Foto: Getty Images
Dokter mengatakan, kasus pemuda itu sangat serius, dan ia beruntung bisa menangani penyumbatan usus itu dengan cepat. Obstruksi usus atau penyumbatan usus merupakan sebuah kondisi yang bisa menimbulkan gangguan penyerapan makanan dan cairan. Menurut dokter, bila tidak segera ditangani, penyumbatan usus itu bisa menyebabkan infeksi dan nekrosis, kegagalan organ, hingga kematian.
ADVERTISEMENT
Berkaca dari kasus yang dialami pasiennya, dokter tersebut lalu menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan padat nutrisi. Meskipun boba sendiri mengandung tepung tapioka yang tidak akan menyebabkan sembelit, namun boba memiliki zat lain yang bisa menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.
Kasus yang menimpa pemuda asal Vietnam itu bukanlah yang pertama. Pada Juni lalu, seorang gadis asal Zheijang, China, dikabarkan mengalami sakit perut selama lima hari lantaran mengonsumsi minuman boba.
Hasil tes CT scan menunjukan terdapat ratusan bola-bola boba yang menumpuk tak tercerna di dalam perutnya. Untungnya, sang gadis hanya perlu mengkonsumsi obat pencahar untuk mengeluarkan boba dari dalam perut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan