Pencarian populer

Tips Memasak Hidangan Berbumbu Kecap agar Tak Lengket dan Gosong

Tips memasak dengan kecap (Foto: Shutter Stock)
Selain memiliki ciri khas cita rasa yang kaya bumbu dan rempah, berbagai hidangan Nusantara juga kerap diberi tambahan kecap manis sebagai bumbu penyedapnya. Saking melekatnya budaya makan dengan kecap ini, sampai-sampai ada yang terasa kurang bila tak ada campuran si hitam manis.
ADVERTISEMENT
Biasanya, kecap ditambahkan dibeberapa hidangan yang ditumis seperti nasi goreng, semur, atau orek tempe untuk memberikan sentuhan rasa manis nan nikmat. Namun terkadang, saat dimasak, tambahan kecap tersebut akan membuat hidangan menjadi lengket dan menempel di wajan, membuatnya sulit untuk diaduk.
Selain itu, bila tak memperhatikan cara memasaknya, kecap yang dicampurkan ke dalam masakan malah akan membuatnya terasa pahit karena gosong, mengurangi kenikmatan dari hidangan.
Lantas, bagaimana cara memasak hidangan yang berbumbu kecap agar tak gosong dan lengket di wajan? Yuk, tipsnya berikut ini:
1. Gunakan api kecil
Ilustrasi api kompor (Foto: Thinkstock)
Salah satu celebrity chef Indonesia, Gerry Girianza mengungkapkan, kecap mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga bila terpapar panas yang terlalu tinggi akan berubah menjadi karamel yang lengket dan menempel di permukaan wajan. Untuk itu, usahakan untuk selalu menggunakan api kecil dan masak dengan perlahan.
ADVERTISEMENT
2. Masukkan kecap ditahap akhir memasak
Menambahkan kecap saat memasak (Foto: Shutter Stock)
Campuran kecap yang ditambahkan ke dalam masakan seringkali menggumpal dan sulit tercampur rata ke dalam masakan. Kandungan gula di dalam kecap akan terkaramelisasi saat terkena panas, sehingga disarankan untuk menambahkannya di tahap akhir masakan agar bisa tercampur dengan rata, dan cita rasa manisnya tidak tenggelam dengan bumbu-bumbu lainnya.
3. Masak sedikit lebih lama
Memasak dengan kecap (Foto: Shutter Stock)
Bumbu kecap masih terasa kurang meresap ke dalam masakan? Cobalah untuk memasaknya dalam waktu yang lebih lama, apalagi saat memasak hidangan daging.
Selain itu, kandungan gula pada kecap juga bisa memecah protein pada daging sehingga membuat teksturnya jadi lebih empuk. Jangan lupa untuk tetap gunakan api kecil agar masakan tak gosong, ya!
ADVERTISEMENT
4. Tambahkan sedikit air
Tambahkan sedikit air saat memasak (Foto: Shutter Stock)
Saat memasak hidangan berbumbu kecap, tak jarang teksturnya menjadi sangat lengket dan membuatnya menempel di wajan. Untuk mengakalinya, chef Gerry Girianza memberikan tips agar menambahkan sedikit air ke dalam hidangan tersebut. Bila hidangan sudah terasa kering dan agak lengket, kita bisa menambahkan air sedikit demi sedikit hingga masakan mudah untuk diaduk kembali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86