kumparan
23 Mei 2018 11:39 WIB

Arie Untung Sempat Ingin Murtad

Konten Eksklusif: Arie Untung. Foto: kumparan
Arie Untung tengah berupaya menjadi pribadi yang lebih baik dengan berupaya mematuhi perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Ya, proses yang dijalaninya itu lebih dikenal dengan sebutan berhijrah.
ADVERTISEMENT
Perjalanan hijrah Arie kemudian dikisahkannya ketika berbincang bersama kumparan. Dipandu oleh Ustaz Erick Yusuf, ayah tiga anak itu membuka rangkaian kisahnya dengan cerita kala ia masih muda.
Saat usianya masih muda--jauh sebelum berhijrah--Arie rupanya sempat menjalani kehidupan yang bertentangan dengan ajaran agama. Kala itu, namanya sebagai seorang VJ MTV tengah begitu bersinar. Ia pun seakan tenggelam dalam nikmat duniawi berkat popularitasnya tersebut.
"Pokoknya bagaimana caranya supaya yang saya lihat itu dunia, bagaimana yang dari manusia itu adalah target utama, pujian-pujian, dan lainnya," ujar Arie ketika ditemui di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.
Video
Bukan hanya tak menjalankan apa yang diperintahkan Allah, ketika itu rupanya Arie juga melakukan hal-hal yang termasuk dalam larangan-Nya. Dunia malam pun lekat dengan keseharian Arie pada masa itu.
ADVERTISEMENT
"Ya, untuk anak-anak sekarang yang pernah bandel, saya sudah pernah melakukan. Jadi, ibaratnya, ketika melihat anak-anak baru ngebandel, 'Waduh, baru bab satu,' begitu," aku Arie diakhiri tawa.
"Wah, saya nih kumpul sama anu, di kelab mana, dugemlah. Kumpul sama mereka kayaknya cool banget. Setiap habis kerja, malamnya ke sana (kelab malam). Pada saat itu rasanya asyik, menikmati," ungkap pemain film 'Ada Hantu di Sekolah' tersebut.
Tentu saja, Arie tak rajin beribadah. "Sebenarnya gini, saya ingat salat. Cuma ingat, tapi kadang-kadang tidak dilakukan," bebernya.
Arie Untung saat memberikan sambutan (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumpran)
Tak hanya itu, Arie rupanya sempat ingin berpindah keyakinan. Saat itu, ia berpacaran dengan seorang perempuan yang berbeda agama dengannya.
Mengingat mereka telah menjalin hubungan selama delapan setengah tahun, keduanya pun berniat melangkah ke tahap yang lebih serius, yakni pernikahan. Hanya saja, pihak keluarga sang kekasih tak menginginkan adanya perbedaan keyakinan di antara mereka berdua.
ADVERTISEMENT
Arie pun sempat gentar. Ia kemudian beristikharah, salat agar diberi petunjuk untuk memilih yang benar. Namun, cintanya yang begitu kuat seakan mengalahkan petunjuk-petunjuk yang datang kala itu.
Arie Untung. (Foto: Jafrianto/kumparan)
Dalam bimbang, Arie berdiskusi dan meminta pendapat kepada seorang ustaz dari pengajian yang kerap ia ikuti. Hanya saja, sang ustaz tak banyak memberinya pencerahan.
"Saya sempat tanya, apa yang harus saya lakukan. 'Cuma satu senjata yang dipegang manusia, dengan nama Allah. Baca saja bismillahirrahmanirrahim dari rumah. Itu saja. Lepaskan saja,' katanya pada saat itu," tutur Arie.
Pembawa acara 'Gong Show' tersebut pun menuruti saran ustaz tersebut. Ia berulang kali mengucap doa sedari rumah, sepanjang perjalanan.
"Sampai sana, saya enggak tahu mau ngapain. Alquran saja saya enggak khatam, enggak paham, apalagi saya membuka kitab lain," ucapnya.
Arie Untung tiba di acara doa untuk Al Aqsha (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)
Suatu hal yang tak diduga-duga justru terjadi saat Arie membuka kitab agama milik sang kekasih. Bukan kian tergugah untuk berpindah agama, Arie justru semakin yakin terhadap agama Islam yang selama ini telah dianutnya.
ADVERTISEMENT
"Saat itulah hidayah datang. Saat itu saya dapat hidayah dari kitab agama lain. Ketika saya buka, saya sadar selama ini saya salah. Malah berubah total di situ. Saya malah kayak mendapat teguran," ungkap Arie.
"Itu kan bukan kitab yang saya baca. Kitab yang saya punya saja jarang saya baca. Ini kitab yang berbeda. Tapi, ketika saya buka, langsung total mengikis perasaan, menambah keyakinan. Akhirnya final bahwa ini adalah sebuah jawaban buat saya," lanjutnya.
Sejak peristiwa itu, Arie memutuskan untuk batal berpindah agama sekaligus menyudahi hubungannya dengan sang kekasih. Ia mengaku justru mudah untuk merelakan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·