Pencarian populer

Indro 'Warkop' Ingin Kampanye #KalahkanKanker Mendunia

Indro Warkop. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)

Indro 'Warkop' bisa disebut sebagai salah satu orang yang dekat dengan penyakit kanker. Kehidupannya banyak dilewati dengan menemani dan menyemangati orang-orang yang mengidap salah satu penyakit paling mematikan di bumi ini.

Seperti koleganya di grup Warkop, Dono. Almarhum Dono meninggal pada 30 Desember 2001 karena penyakit kanker paru-paru. Begitu juga istri Dono yang meninggal karena kanker.

Terakhir, istri Indro sendiri, Nita Octobijanthy juga meninggal karena penyakit kanker. Nita meninggal pada Selasa (9/10) lalu, setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Suasana haru pemakaman mendiang Istri Indro Warkop di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018). (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Melihat banyak orang terdekatnya menderita dan meninggal karena kanker, membuat Indro sadar akan pentingnya menyuarakan bahaya penyakit kanker. Kampanye itu kemudian ia tunjukkan dengan membuat tagar #kalahkankanker di beberapa unggahan di instagram.

"Saya pribadi punya pengalaman dengan teman dekat saya yang sekarang udah enggak ada karena kanker. Dono, Kasino, istrinya Mas Dono dan terakhir istri saya. Saya ingin sekali mendedikasikan apapun dalam diri saya untuk membantu," ujar Indro 'Warkop' saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (27/12).

Indro berharap, hal kecil yang ia mulai ini bisa menjadi efek bola salju. Dalam artian, ke depan kampanye ini akan membuat banyak orang semakin sadar akan bahaya penyakit kanker. Dan yang terpenting adalah menjadi teman atau memberikan support yang baik bagi survivor kanker.

"Mereka (survivor) butuh kita temani, mereka butuh kita support, karena mereka berhak untuk merasakan kebahagiaan seperti kita semua," kata Indro.

"Penderita kanker itu mencekam, mencekam sekali. Mungkin yang lain masih bisa diperbaiki, penderita kanker tidak bisa diperbaiki. Walaupun dia survive, biasanya mereka saling menyemangati," ujar Indro 'Warkop'.

Pemilik nama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro ini juga aktif di Yayasan Pita Kuning, sebuah yayasan yang menjadi rumah bagi survivor dan mereka yang peduli terhadap penyakit kanker. Untuk saling mendukung dan menjadikan kehidupan yang lebih baik.

"Saya ingin menduniakan hashtag #kalahkankanker. Saya merangsang itu, melemparkan itu ke kita semua. Mereka punya hak untuk kehidupan yang baik. Itu sih sebenarnya. Saya mau bantu selagi apa yang bisa saya bantu," ujar Indro 'Warkop'.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: