Pencarian populer

Iwa K Santai Dipandang Sebagai Mantan Pecandu Narkoba

Iwa K (Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan)
Beberapa waktu belakangan, kabar artis yang ditangkap polisi karena terjerat kasus narkoba ramai menjadi sorotan publik. Bahkan yang terakhir, putra musisi legendaris Ahmad Albar, Ozzy Albar, juga menambah deretan panjang daftar nama selebriti yang tertangkap karena kasus narkoba.
ADVERTISEMENT
Rapper Iwa K termasuk salah satu nama yang sempat masuk dalam daftar selebriti yang ditangkap karena narkoba. Saat itu, Iwa K tertangkap tangan membawa ganja yang diselipkan ke dalam bungkus rokok di terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta pada 29 April 2017. Kala itu, dia akan bertolak ke Makassar untuk tampil bersama Saint Loco.
Pelantun 'Nombok Dong' ini terbukti membawa ganja seberat 1,4 gram dalam tiga linting rokok. Ia pun akhirnya menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur. Meski namanya tercoreng karena kasus narkoba, namun banyak pelajaran yang diambil olehnya.
"Itu bagian dari hidup gue, gue enggak bisa marah sama fase itu. Enggak mau ngumpetin fase itu. Karena seburuk apapun masa lalu gue, itu yang membawa gue seperti ini sekarang," ungkap Iwa saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Iwa K juga tak masalah jika sampai saat ini dirinya masih dipandang sebagai mantan pecandu narkoba. Ia tak mau mengambil pusing hal tersebut karena dia mau menjalani hidupnya secara lebih baik.
"Ngapain gue malu? Kalau kata orang, 'lo pernah (jadi) junkie?', iya gue pernah junkie, ya, terima saja. Artinya dari gue sendiri, enggak mau stres. Iya, kan gue pernah di situ, terus kenapa? Yang penting sekarang gue hari ini, hidup bukan win or lose, tapi win and learn. Pembelajaran terus dengan apa yang gue jalani," bebernya.
Iwa K jalani proses assessment di BNN. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Setelah menjalani masa hukuman dan rehabilitasi, Iwa pun mulai bangkit dari keterpurukan. Ia berjanji untuk belajar dari kesalahan yang membuatnya tak lagi terjatuh dalam lubang yang sama.
ADVERTISEMENT
"Semua itu mindset, akhirnya lo lagi terpuruk, gimana membentuk mindset, gue lagi dipilih, nih, dipilih buat belajar. Ini banyak harta karun lagi. By the time kita nganggur, kangen (narkoba), gila-gilaan kan, mending bikin dan berbuat sesuatu, mengerjakan sesuatu dan memproduksi sesuatu. Gimana yang lo perjuangkan, bukan lo gimana kelihatan di depan orang banyak, sih," ujarnya.
Iwa K dan Istri. (Foto: Munady Widjaja)
Lantas seperti apa cara Iwa jika tiba-tiba hasrat mencicipi narkoba kembali muncul dalam dirinya?
"Buat gua balik ke rasa mau atau enggak. Lo pengin enggak? Mindset yang sudah lo bangun ini selaras terus dengan apa yang lo lakuin enggak. Bohong kalau enggak pernah ada rasa kepengin. Tapi kalau ada rasa kepengin, gue bayangin saja muka anak gue. Simple kan, itu kuncian. Sudah gue bayangin saja muka anak gue, dia baru berapa bulan sudah gue tinggal kan, nongolin saja depan muka gue, kelar semuanya. So far, itu ampuh (buat Iwa enggak mau 'make' lagi)," tutup Iwa K.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86