kumparan
24 Okt 2018 15:10 WIB

Johnny Depp Perankan Fotografer Tragedi Minamata di Film Baru

Johnny Depp (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)
Johnny Depp akan berperan sebagai seorang fotografer perang bernama William Eugene Smith dalam film terbarunya. Film tersebut adalah film drama indie sekaligus biopik berjudul 'Minamata'.
ADVERTISEMENT
Dilansir Variety, 'Minamata' digarap oleh sutradara Andrew Levitas, sosok yang membesut film 'Lullaby' (2013). Nantinya, jalan cerita akan dibuat berdasarkan buku karya Eugene Smith dan istrinya, Aileen Mioko Smith, yang diadaptasi oleh David K. Kessler.
'Minamata' akan menampilkan karya-karya fotografer majalah Life, William Eugene Smith, yang memperlihatkan kondisi kesehatan orang-orang yang tinggal di Minamata, Jepang.
Smith bisa berada di Minamata berkat seorang teman lama yang juga Editor majalah Life, Ralph Graves. Graves meyakinkan Smith untuk pergi ke Jepang demi mengungkap sebuah cerita besar, yakni efek keracunan merkuri pada masyarakat Minamata, Kumamoto, dalam bentuk foto. Polusi merkuri tersebut disebabkan oleh pabrik Chisso yang memproduksi logam berat dan limbahnya dibuang ke sumber air di sekitar Minamata.
ADVERTISEMENT
Kondisi Minamata saat itu benar-benar memprihantikan. Keadaan desa nelayan sekaligus kota industri itu membuat Smith tinggal di sana selama dua tahun, tepatnya pada 1971 hingga 1973.
Fotografer William Eugene Smith (Foto: Wikimedia Commons)
Dalam jangka waktu tersebut, usaha Smith untuk memperlihat kondisi Minamata pada dunia tidaklah mudah. Smith sempat diserang oleh pekerja pabrik Chisso agar dirinya berhenti mempublikasikan foto-foto Minamata, membuatnya jatuh sakit. Di saat Smith absen, istrinya menggantikan posisinya mengabadikan momen-momen di Minamata.
Esai foto pasangan suami-istri tersebut pun dipublikasikan pada tahun 1975 dengan judul 'Minamata, Words and Photographs by W.E. Smith and A.M. Smith'. Pada tahun 1974, esai foto mereka dipertontonkan di Tokyo.
"Bekerja sama dengan Johnny (Depp) untuk memberi suara pada mereka yang telah menderita dalam diam adalah sebuah tanggung jawab yang kami tidak anggap remeh. Sama seperti Eugene Smith di tahun 1971, kami tidak merasa lebih istimewa atau rendah hati untuk membawa kisah luar biasa ini pada dunia," kata Levitas lewat ketereangan tertutup seperti dikutip Variety.
ADVERTISEMENT
Tak hanya berperan sebagai aktor, Johnny Depp juga melibatkan perusahaannya, Infinitum Nihil, untuk mengembangkan film 'Minamata'. Tak hanya itu, Depp dan produser Andrea Iervolino telah menjalin kemitraan untuk mengembangkan dan memproduksi konten film dan konten digital-nya.
Johnny Depp. (Foto: CHRIS DELMAS / AFP)
William Eugene Smith sendiri dikenal sebagai salah satu sosok yang mempopulerkan esai foto di dunia editorial. Dia telah berkeliling untuk menangkap momen-momen penting yang tak akan terulang, seperti momen Perang Dunia II, dedikasi seorang dokter AS dan susternya, klinik dokter Schweitzer di French Equatorial Africa, momen-momen penting di kota Pittsburgh, dan masih banyak lagi.
Hingga kini, belum diketahui siapa yang akan memerankan sosok Aileen. Rencananya, 'Minamata' akan mulai diproduksi di Jepang dan Serbia pada Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan