Pencarian populer

Kisah Mathias Muchus Gemar Koleksi Benda Tajam

Mathias Muchus (Foto: Munady)

Aktor senior Mathias Muchus memiliki hobi unik yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Pria berusia 61 tahun itu punya kebiasaan mengoleksi benda tajam, salah satunya pisau.

Bukan baru-baru ini hobi itu digeluti oleh Mathias. Dia sudah melakukannya dari sejak kecil. Pemain film 'Hangout' ini mengungkapkan alasan dia gemar mengoleksi benda tajam.

“Saya kan orang Pagar Alam, Sumatera Selatan. Di masa kecil saya, Pagar Alam itu menjadi sebuah kota yang lumayan koboi,” ujar Mathias Muchus saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Selatan.

Menurut suami Mira Lesmana ini, di daerah asalnya, setiap orang harus memiliki pisau di pinggang. Bahkan ketika seorang anak keluar rumah, orang tua mereka membekali sebuah pisau.

"Orang tua juga kalau lhat anaknya mau pergi tuh bukan dikasih duit, tapi dikasih pisau buat keselamatan,” tutur Mathias.

Mathias Muchus (Foto: Johanes Hutabarat/kumparan)

Karena sudah melakukannya dari sejak kecil, Mathias mengatakan, mengoleksi pisau sudah menjadi bagian dalam hidupnya. Dia tak bisa menghentikannya.

"Jadi, pisau bukan buat gagah-gagahan, tapi sudah menjadi bagian diri saya kayak orang pakai cincin," ucap Mathias.

Setelah pindah ke Jakarta, pemain film 'Petualangan Sherina' ini melihat beragam pisau unik yang berasal dari berbagai daerah. Kini, Mathias telah mempunyai pisau dari berbagai provinsi di Indonesia.

Mathias tidak hanya membeli untuk menambah koleksi benda tajam miliknya. Ayah dua anak ini juga memperolehnya ketika sedang berkunjung ke sejumlah daerah.

"Pisau, keris, semua, (ada) banyak. Kebetulan saya syuting suka ke luar kota, banyak orang yang tahu saya koleksi pisau, kadang suka dikasih. Di Makassar, saya dikasih badik dan segala macam,” kata Mathias.

Mathias Muchus di Film 'Petualangan Sherina' (Foto: YouTube IM3 Ooredoo)

Pria kelahiran 15 Februari 1957 itu mengatakan tidak ada perawatan khusus terkait koleksi benda tajam miliknya. Dia hanya menyimpannya di sebuah lemari khusus.

“Saya bukan tipikal orang yang senang dengan senjata-senjata yang berbau ritual, saya lebih lihat kasat mata saja, kalau memang punya estetika, saya simpan,” ucap Mathias.

Pemain film 'Laskar Pelangi' ini menuturkan sang istri tidak masalah dengan hobinya mengoleksi benda tajam. "Dia (Mira Lesmana) sudah mengerti saya. Dia tahu bahwa saya senang dengan yang begitu, dia enggak support, tapi dia juga enggak terganggu,” tandas Mathias Muchus.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: