kumparan
24 Mei 2019 13:44 WIB

Teuku Wisnu, dari Panggung Sinetron Hingga Mantap Berhijrah

Throwback: Teuku Wisnu Foto: Grafik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Teuku Wisnu merupakan satu dari sejumlah artis yang kian mantap berhijrah. Suami Shireen Sungkar itu kini bahkan sudah jarang terlibat dalam dunia sinetron. Padahal, sinetron melambungkan namanya di industri hiburan Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Wisnu mengawali kariernya di dunia iklan, sebelum dia mengikuti ajang MTV VJ Hunt 2006. Di ajang MTV VJ Hunt 2006, Wisnu hanya sanggup masuk ke jajaran sepuluh besar saja.
Teuku Wisnu saat muda Foto: YouTube.com/MD Entertainment
Namun, MTV VJ Hunt memperkenalkan Wisnu pada dunia keartisan lebih jauh lagi. Bersama beberapa aktor muda seperti Oka Antara, Dude Harlino, dan Big Dicky, Wisnu berkesempatan mendapat peran di film pertamanya, 'Gue Kapok Jatuh Cinta'.
Akting Wisnu mampu menyita perhatian masyarakat. Setelahnya, dia bermain dalam beberapa film lainnya, seperti 'Lentera Merah', 'Suka Ma Suka', dan 'Wanita Tetap Wanita'.
Di samping itu, Wisnu juga mendapat beberapa tawaran sinetron. 'Dua Hati' menjadi sinetron pertama yang ia bintangi.
Setelahnya, dia terlibat dalam sinetron 'Makin Sayang'. Porsi Wisnu juga semakin banyak. Dalam sinetron itu, Wisnu beradu peran dengan Dimaz Andrean dan Sheila Marcia.
ADVERTISEMENT
Penampilan Teuku Wisnu kala itu memang terlihat modis dengan potongan rambut mohawk yang sedang jadi tren. Wajahnya juga bersih dari kumis dan janggut.
Wisnu pun terlibat dalam sinetron berjudul 'Cinta Fitri'. Dalam sinetron tersebut, dia beradu akting dengan Shireen Sungkar, Adly Fairuz, Donna Agnesia, dan sebagainya.
Penampilannya di sinetron itu juga terlihat lebih rapi dari sinetron sebelumnya. Terang saja, di 'Cinta Fitri', Wisnu berperan sebagai Farel, salah satu anak dari pemilik perusahaan besar.
Lewat sinetron tersebut, nama Wisnu kian melesat di industri pertelevisian Tanah Air. Aktingnya bersama Shireen pun menjadi favorit masyarakat. 'Cinta Fitri' merupakan sinetron tersukses yang pernah diperankan oleh Wisnu, terbukti dari eksistensinya selama lebih dari tiga tahun mengudara dengan tujuh musim.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Wisnu juga mendapat sejumlah penghargaan berkat aktingnya di sinetron tersebut. Di ajang penganugerahan Panasonic Awards 2009, dia berhasil mendapat penghargaan untuk kategori 'Aktor Terfavorit'. Selama kariernya, Wisnu sudah terlibat lebih dari 10 sinetron.
Tak hanya dunia akting, Wisnu juga pernah mencoba peruntungannya di dunia tarik suara. Duetnya dengan Shireen yang berjudul 'Cinta Kita', menjadi single-nya yang paling populer. Sepanjang kariernya hingga kini, Wisnu telah merampungkan sekiranya 10 single.
Profesinya di dunia sinetron membawa Teuku Wisnu pada jodohnya. Shireen Sungkar yang sempat lama menjalin hubungan dengan Adly Fairuz akhirnya terpincut dengan pesona Wisnu, lawan mainnya di sinetron 'Cinta Fitri'.
Enggan melewatkan kesempatan emas, Wisnu memberanikan diri untuk membawa Shireen ke tanah kelahirannya, Banda Aceh, untuk menikah pada 17 November 2013. Kini, Wisnu dan Shireen telah dikaruniai tiga orang anak, Teuku Adam Al Fatih, Cut Hawwa Medina Al Fatih, dan Cut Shafiyyah Mecca Alfatih.
ADVERTISEMENT
Setelah lama larut dalam kehidupan duniawi di dunia hiburan, Wisnu memutuskan untuk berhijrah. Uang di dunia hiburan yang menggiurkan akhirnya melunturkan keinginannya untuk beribadah dan fokus berkarier, mendulang kekayaan dan popularitas.
"Dulu, saya orangnya duniawi banget waktu syuting sinetron. Mindset saya, saya akan bahagia kalau punya uang," begitu pengakuan Wisnu saat menyambangi kantor kumparan beberapa waktu lalu.
Setelah lama menjalani hidup yang jauh dari ajaran agama, Wisnu mulai sadar dan merasa bersalah. Ia kembali sering beribadah, seperti kebiasaannya selama masih menjadi remaja saleh di kampung halamannya.
Kini, Wisnu mantap berhijrah. Gaya berpakaiannya pun sudah berubah. Dia tak pernah menata rambut dengan gaya-gaya aneh dan kerap menghadiri berbagai acara dengan pakaian sesuai sunah Rasullulah SAW. Demi fokus beribadah, Wisnu juga kini fokus berdagang ketimbang mengejar karier keartisan.
ADVERTISEMENT
“Berkarier 'kan enggak harus di entertainment, 'kan bisa berdagang. Itu 'kan bisa juga punya usaha sendiri, usaha di mana mungkin saja dia bisa keluar rumah,” jelasnya.
Tak sendirian, sang istri, Shireen, mulai mengikuti jejak sang suami. Shireen pada mulanya belum mantap berhijab ketika Teuku Wisnu mulai memperdalam ilmu agama. Kendati tak pernah memaksa, Wisnu memang selalu mengingatkan Shireen untuk lebih mendekatkan diri pada ajaran agama dan Tuhan.
Hidayah akhirnya menghampiri Shireen saat ia tengah hamil anak pertama. Di tengah kesakitan yang ia rasakan, Shireen merasa cobaan tersebut merupakan tamparan dari Tuhan karena dirinya belum juga mau memperdalam agama.
"Aku sakit waktu aku hamil Adam, sakit-sakitan terus, sampai kayak aku merasa ditegur sama Allah. Aku kok, enggak pakai-pakai kerudung, ya. Padahal, suami sudah ingetin terus. Kakak aku sudah pakai hijab, Mama aku sudah pakai hijab, tinggal aku doang yang belum," kenangnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·