kumparan
20 Okt 2018 13:41 WIB

7 Nutrisi Wajib Dipenuhi Ibu Menyusui

com-Nutrisi untuk Ibu Menyusui (Foto: Thinkstock)
Saat menyusui, ibu wajib mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi penting. Hal ini dikarenakan makanan yang ibu konsumsi bisa membuat ASI ibu menjadi lebih berkualitas dan membuat produksi ASI jadi lebih melimpah. Tak hanya itu, jenis asupan sehat ini juga membantu Anda lekas pulih usai bersalin.
ADVERTISEMENT
Melansir Verywell, berikut beberapa jenis nutrisi yang wajib Anda konsumsi selama masa menyusui:
1.Vitamin A
Ilustrasi tomat. (Foto: Thinkstock)
Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit Anda dan juga kesehatan kulit si kecil. Untuk vitamin A sendiri, Anda bisa menemukannya di dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah maupun oranye seperti wortel, tomat, stroberi dan sebagainya.
2. Protein
Setiap tubuh manusia pasti membutuhkan protein untuk memelihara kesehatan tubuh termasuk otot, tulang, jantung, enzim, hormon dan antibodi. Anda bisa menemukan protein di dalam kacang-kacangan, daging dan juga produksi susu.
3. Zat Besi
Berkat penelitian terbaru, alergi kacang akan bisa disembuhkan (Foto: Thinkstock)
Zat ini membantu tubuh Anda membuat sel-sel darah yang baru, sehingga Anda bisa menjaga tingkat energi Anda. Makanan yang mengandung zat besi bisa Anda temui di hati, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.
ADVERTISEMENT
4. Vitamin C
Buah jeruk (Foto: Thinkstock)
Jenis vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi, tulang serta pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga baik untuk penyerapan zat besi dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh ibu maupun tubuh bayi. Biasanya, vitamin C dapat Anda temukan di dalam buah jeruk, tomat, mangga dan juga stroberi.
5. Kalsium
Anda membutuhkan asupan kalsium yang cukup saat menyusui untuk menggantikan kalsium yang hilang selama menyusui (yang dikeluarkan melalui ASI). Nah, untuk memenuhi asupan kalsium yang hilang, Anda bisa mengonsumsi produksi susu seperti susu sapi, yoghurt, serta buah yang mengandung kalsium seperti buah jeruk.
6. Asam Folat
ilustrasi roti gandum (Foto: thinkstock)
Asam folat disebut juga sebagai folat, yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Selain baik saat bayi saat ia masih di dalam kandungan, asam folat juga berguna selama masa menyusui. Makanan yang tinggi folat termasuk buah jeruk, gandum, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.
ADVERTISEMENT
7. DHA
DHA atau asam lemak memiliki fungsi untuk mendukung perkembangan otak dan mata bayi. DHA sendiri dapat ditemukan pada ikan, telur, daging dan hati.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·