kumparan
1 Jul 2019 8:51 WIB

Agar Nutrisinya Terjaga, Ini Cara Terbaik Memasak Wortel Untuk Anak

Di antara berbagai jenis sayuran, wortel termasuk yang mudah disukai anak karena rasanya enak dan sedikit manis. Manfaatnya untuk kesehatan pun sangat banyak.
ADVERTISEMENT
Tetapi seperti sayuran lainnya, wortel bisa kehilangan nutrisi maupun rasanya jika tidak dimasak dengan benar. Sayang kan, Moms?
Nah, berikut kumparanMOM merangkum beberapa cara terbaik memasak wortel yang umumnya disukai oleh anak, sambil tetap memastikan nutrisi di dalamnya terjaga.
Apa saja?
Wortel Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
  1. Merebus
Saat merebus wortel, gunakan air secukupnya saja. Untuk merebus 100 gram wortel misalnya, Anda hanya membutuhkan secangkir air untuk merebus dengan api kecil. Dengan cara ini, air akan menguap dan terbuang sedikit saja sehingga nutrisi wortel tetap terjaga.
Sebaliknya, bila memasak wortel dengan air banyak kemungkinan sebagian besar nutrisi terkuras bersama air.
  1. Mengukus
Mengukus adalah pilihan yang lebih baik daripada merebus, karena hampir tidak membutuhkan air untuk memasak wortel. Wortel kukus dapat dibumbui dengan selai keju atau keju yang dilumerkan untuk disajikan sebagai camilan untuk anak-anak.
ilustrasi memasak wortel Foto: Shutterstock
  1. Tumis
ADVERTISEMENT
Tumis wortel dalam wajan jika anak-anak Anda menyukai wortel yang renyah. Anda bisa menggunakan sesendok teh mentega atau setengah sendok teh minyak goreng untuk memasak wortel dengan cara ini.
Anda juga bisa menumis wortel dengan bawang putih atau bawang bombay bila anak suka. Agar semakin enak, tambahkan garam dan sedikit hiasan peterseli setelah Anda memasaknya.
jus wortel Foto: Pixabay
  1. Panggang
Wortel panggang sama sehatnya dengan wortel kukus. Tapi, hasilnya tidak lunak dan lembek. Wortel panggang bisa disajikan sebagai camilan sehat dengan cocolan madu, mustard, saus tartar atau mayones kesukaan anak.
  1. Dijus
Jus wortel adalah pilihan yang sangat baik untuk balita dan anak kecil yang lebih suka cairan daripada makanan padat. Atau, coba buatkan anak smoothie wortel, Moms! Caranya campur wortel, susu, apel, dan madu di dalam blender. Hmm...enak!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·