kumparan
1 Jun 2019 11:10 WIB

Begini Tumbuh Kembang Bayi di Trimester Ketiga Kehamilan

Ilustrasi janin Foto: Shutterstock
Selamat datang di trimester ketiga kehamilan, Moms! Ini adalah trimester terakhir dalam masa kehamilan Anda. Sebelumnya, Anda sudah menempuh dua pertiga perjalanan, dan sebentar lagi semakin dekat dengan waktu persalinan yang selama ini telah dinanti-nantikan bersama pasangan.
ADVERTISEMENT
Di trimester ketiga kehamilan ini, Anda disarankan lebih rutin mengecek kandungan atau setidaknya sebanyak lima kali pada minggu ke-30, 34, 36, 38, dan 40. Tujuannya, untuk memantau kondisi tumbuh kembang bayi yang begitu pesat di trimester ini Moms.
Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak, seperti apa umumnya tumbuh kembang bayi pada trimester ketiga.
Minggu ke 29-32
Ilustrasi janin dalam kandungan. Foto: Pixabay
Pada usia ini, besar bayi Anda kira-kira sebesar buah labu kuning, Moms. Beratnya mencapai sekitar 1150 hingga 1700 gram dan panjangnya sekitar 38-42 sentimeter. Lemak di tubuhnya mulai terbentuk dan lemak ini adalah jenis lemak cokelat yang kemudian berkembang menjadi lemak putih seperti orang dewasa seiring dengan bertambah usianya.
Bersamaan dengan itu, pembuluh darah kapiler di bawah jaringan kulitnya mulai dialiri darah, sehingga kulit janin kemerah-merahan, tidak lagi pucat. Sistem saraf pusat terutama otak juga berkembang pesat pada usia ini. Dikutip dari WebMD, janin juga sudah bisa merasakan sakit, mengubah posisi tubuh, menanggapi cahaya dan mendengar suara.
ADVERTISEMENT
Minggu 33-36
Ilustrasi janin. Foto: Pixabay
Besar bayi Anda kini kira-kira sama dengan buah melon. Umumnya berat bayi di usia ini sekitar 1900 hingga 2600 gram dan panjang sekitar 43-47 gram. Apalagi? Di usia ini, tubuh bagian dalam janin sudah mulai berkembang dengan baik, kecuali paru-parunya. Sebenarnya organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem pernapasan itu tersebut sudah terbentuk padanya kok Moms, hanya saja belum sempurna.
Indera pengecap bayi juga ikut berkembang pesat di usia ini. Ia mulai bisa ikut menikmati makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Dan bersiap-siaplah merasakan tendangan yang semakin kencang, karena gerakannya sudah lebih kuat daripada sebelumnya.
Minggu 37-40
Ilustrasi janin Foto: Shutterstock
Memasuki usia akhir kehamilan, besar bayi Anda ibarat buah semangka, Moms. Beratnya sekitar 2800-4000 gram dan panjangnya sekitar 48-52 sentimeter. Pada usia ini, mata dan telinga bayi juga sudah berfungsi sempurna. Ia juga sudah lebih peka terhadap sentuhan dan cahaya.
ADVERTISEMENT
Semakin mendekati hari kelahiran, posisi kepala bayi umumnya akan di bawah. Ini merupakan posisi normal untuk mempersiapkan dirinya keluar meninggalkan semua kenyamanan dan kehangatan yang diperolehnya di dalam rahim ibu.
----------------------------------------------------------------------------------------------
Masih ada artikel-artikel tentang Trimester Ketiga Kehamilan lainnya yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan