Pencarian populer

Cara Melatih Anak agar Suka Bersedekah

Ilustrasi anak belajar berbagi dengan menyumbangkan mainannya Foto: Shutterstock

Selama bulan suci Ramadhan, bukan hanya tentang puasa yang bisa Anda ajarkan pada anak, Moms. Anda juga dapat mengajarkan ia soal bersedekah. Pertama-tama jelaskan padanya terlebih dahulu bahwa bersedekah atau derma, termasuk perbuatan terpuji serta sebagai suatu bentuk kepedulian diri terhadap orang lain yang sangat membutuhkan.

Pada awalnya, mungkin saja anak akan sulit mencerna konsep sikap positif ini. Namun, apabila Anda secara terus melatihnya, seiring dengan berjalannya waktu ia akan terbiasa dan sukarela melakukannya.

Nah untuk membiasakan si kecil gemar bersedekah, Anda bisa menerapkan beberapa cara sederhana berikut. Apa saja?

Memberi Contoh

Cara terbaik dan utama dalam menanamkan sifat ini pada anak adalah dengan memperlihatkan contoh nyata padanya. Ini karena, anak adalah peniru yang ulung. Misalnya dengan memberikan sedekah ke masjid atau membagikan makanan pada tetangga.

Ajak Anak ke Panti Asuhan

Mengajak anak ke panti asuhan bisa memperkaya cara pandangnya. Anda bisa mengatakan, banyak anak di luar sana yang tidak memiliki orang tua. Karena itu, dengan mengunjungi panti asuhan lalu mengajak mereka bermain, dan makan bersama, itu bisa membuat teman-teman di panti merasa bahagia.

Berbagi Benda Miliknya

Katakan pada si kecil bahwa sedekah itu tidak selalu harus dalam bentuk uang. Anda bisa mengajak anak menyortir pakaian, sepatu atau pun mainannya yang sudah tidak terpakai, untuk kemudian diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan.

Dengan cara ini, selain belajar berbagi, anak juga belajar untuk menggunakan barangnya tidak dengan semena-mena serta memprioritaskan benda yang masih ia perlukan, dan yang bisa ia berikan kepada orang lain. Tentunya juga dengan tetap memperhatikan kelayakan benda yang akan diberikan.

Melibatkan Anak

Misal saat Anda mendapat jadwal untuk menyediakan menu berbuka puasa di masjid, libatkan anak ikut menyiapkan-nya. Hal ini bisa memberikan pelajaran yang nyata bagi si kecil untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32