kumparan
25 Nov 2018 17:00 WIB

Cara Memilih Buah Mangga yang Manis

Coba perhatikan area buah di supermarket langganan Anda, sekarang banyak buah mangga ya? Atau mungkin Anda juga sadar kalau di sepanjang jalan pun kini tampak banyak penjual mangga?
ADVERTISEMENT
Ya Moms, di penghujung bulan November, selain aroma hujan yang mulai membasahi tanah, kita juga dimanjakan oleh semerbak aroma harum dari buah mangga. Buah tropis yang satu ini memang hanya berbuah di bulan Agustus hingga November saja, sehingga saat ‘musim’ mangga tiba, jenis buah tersebut akan mendominasi pasaran.
Ilustrasi ibu memilih mangga bersama anak (Foto: Shutterstock)
Tentunya, saat membeli mangga, kita menginginkan cita rasa yang manis serta menyegarkan, dengan tingkat kematangan yang pas. Hanya saja, tak semua buah mangga yang dijual sudah matang sempurna, dan memiliki rasa manis.
Belum lagi, banyak buah mangga yang dipanen dalam kondisi masih mentah, baru kemudian didiamkan hingga matang. Padahal, cita rasa terbaik buah mangga akan terasa bila dipanen saat matang alami, atau matang di pohon.
ADVERTISEMENT
Karenanya, bila tak pandai memilih, yang akan kita dapatkan hanyalah mangga yang bercita rasa masam, atau lebih buruk lagi, hambar bahkan tak segar. Lantas, bagaimana cara memilih buah mangga yang ranum dan manis? Yuk, simak tipsnya berikut ini:
Memilih mangga (Foto: Shutter Stock)
1. Cium aromanya
Dilansir NDTV Food, kita dapat menebak tingkat kematangan serta cita rasa buah mangga dari aroma yang dihasilkan. Buah mangga sendiri sejatinya memiliki aroma yang bervariasi, tergantung pada jenisnya. Mulai dari aroma yang lembut hingga beraroma cukup tajam.
Nah, buah mangga--apapun jenisnya--yang ranum dan manis akan menghasilkan aroma manis khas buah.
Cium aroma yang ada di sekitar batang mangga untuk mengetahuinya. Sebaliknya, bila buah mangga memiliki aroma mirip minuman alkohol atau bau asam yang menyengat, tandanya buah tersebut sudah terlalu matang. Bila aromanya tak terlalu tercium, berarti mangga tersebut masih mentah.
Memilih mangga (Foto: Pixabay)
2. Cek batang buah mangga
ADVERTISEMENT
Sebelum terburu-buru memasukkan buah mangga ke dalam keranjang belanjaan Anda, Moms. Ada baiknya bila batang buahnya kamu cek terlebih dahulu. Batang dari buah mangga yang matang alami akan mengeluarkan getah lebih sedikit. Selain itu, terdapat bekas lubang yang cekung dan cukup dalam, dengan tidak ada sisa batang yang masih melekat.
Memilih mangga (Foto: Shutter Stock)
3. Pencet buah mangga
Dikutip dari Boldsky, tekstur dari mangga juga bisa menjadi acuan apakah buah tersebut memiliki tingkat kematangan yang pas. Cobalah pegang buah mangga dan pencet perlahan untuk merasakan tekstur dagingnya. Buah mangga yang ranum akan terasa sedikit empuk namun tidak terlalu lembek.
Memilih mangga (Foto: Pixabay)
4. Perhatikan kulitnya
Sering menjadikan warna kulit mangga sebagai acuan untuk menentukan buah yang sudah ranum? Warna dari kulit buah mangga sejatinya tak terlalu berpengaruh terhadap tingkat kematangan yang dimilikinya. Apalagi, warna kulitnya memang bervariasi, tergantung pada tiap jenisnya.
ADVERTISEMENT
Alih-alih melihat warnanya, sebaiknya perhatikan kondisi dari kulit buah mangga. Pilihlah mangga yang kulitnya terlihat segar dan tidak memiliki bintik-bintik hitam, serta hindari memilih mangga yang berkulit keriput.
Memilih mangga (Foto: Shutter Stock)
5. Cek beratnya
Sebagian besar buah dapat dilihat tingkat kematangannya melalui berat yang mereka miliki, termasuk mangga. Untuk itu, saat sedang berbelanja buah mangga, usahakan memilih buah yang berat atau bobotnya terasa sedikit lebih berat dari buah lainnya. Artinya, buah mangga tersebut sudah ranum dan siap untuk disantap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan