Pencarian populer

Cara Mengatasi Payudara yang Bengkak saat Menyusui

Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)

Saat awal-awal menyusui, salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu adalah payudara yang membengkak. Jangan khawatir, sebab peristiwa ini merupakan sesuatu yang normal dan wajar. Hal ini akibat produksi ASI lebih cepat dibandingkan yang dikeluarkan, sehingga ASI akan terkumpul di dalam payudara. Bukan hanya bengkak, tapi juga terasa padat, nyeri dan payudara terasa penuh.

Meski normal, tapi kerap membuat Anda merasa tidak nyaman. Mesti segera diatasi pula karena bila tidak, tubuh mudah terserang demam atau memicu penyakit baru yaitu, mastitis atau keadaan jaringan payudara yang terinfeksi bakteri.

Nah, apabila Anda mengalami hal ini, Moms, coba atasi dengan beberapa cara yang dirangkum kumparanMOM (kumparan.com) berikut.

1. Gunakan Bra Khusus Menyusui

Ilustrasi bra (Foto: Thinstock)

Moms, pastikan Anda menggunakan bra yang nyaman yaitu bra yang tidak terlalu ketat saat menyusui. Namun, alangkah lebih baiknya apabila Anda menggunakan bra khusus menyusui. Bra menyusui memiliki ukuran yang besar, namun pas dan bisa menyokong payudara Anda yang membesar akibat bengkak.

2. Tetap Menyusui

Teruslah menyusui, meskipun payudara Anda membengkak dan terasa sakit. Setidaknya sebanyak 7 hingga 12 kali dalam sehari. Semakin Anda mengurangi frekuensi Anda menyusui, maka semakin bengkak payudara sehingga Anda akan semakin merasa semakin kesakitan.

3. Memerah ASI

Ilustrasi ASI perah. (Foto: Thinkstock)

Saat bayi Anda sedang tidak menyusui, tetaplah keluarkan ASI dengan cara memerahnya. Anda bisa memerah ASI menggunakan tangan sendiri atau bisa menggunakan alat pemompa khusus ASI. Tindakan ini bisa memperlancar ASI, meringankan payudara dan bisa memperlembut puting susu, sehingga bayi Anda nyaman saat menyusui.

4. Kompres Payudara

Kompres payudara Anda dengan air hangat sebelum menyusui. Setelah selesai, jangan lupa kembali mengompresnya dengan air dingin atau es yang telah dibungkus untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan cara ini selama 10 menit baik saat Anda mengompres sebelum atau sesudah menyusui.

5. Pijat

Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock )

Memijat juga menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi payudara Anda yang bengkak. Oleh sebab itu, pijatlah payudara Anda dengan lembut dan teknik yang benar untuk mendorong ASI agar keluar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23