Pencarian populer

Haid Tidak Teratur Selama Menyusui, Normalkah?

Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)

Proses menyusui kini tengah berlangsung dan Anda mendapati siklus haid Anda tidak teratur. Bahkan, ada pula sebagian ibu yang tidak haid sama sekali selama beberapa bulan, selama menyusui. Normalkah?

Anda tak perlu panik berlebihan, sebab diketahui menyusui memang dapat menunda menstruasi. Aktivitas ini memang bisa menunda siklus satu sampai berbulan-bulan. Adapun hal ini terjadi tidak menentu dan terkadang bisa berbeda lamanya, bila siklus menstruasi Anda sudah tidak teratur sebelum hamil.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini karena aktivitas hormon prolaktin, yakni hormon yang berperan penting dalam memproduksi ASI dan bisa mengganggu siklus menstruasi Anda.

Dikutip dari laman Health Line, aktivitas menyusui dapat menjaga kadar hormon prolaktin tetap tinggi. Dengan kata lain, semakin lama Anda menyusui, semakin besar pula kemungkinan Anda tidak akan menstruasi. Jadwal menstruasi Anda akan kembali seperti sedia kala bila sesegera mungkin setelah Anda menyapih si bayi. Mengapa begitu?

Ilustrasi menstruasi (Foto: Thinkstock)

Itu karena saat si kecil sudah mulai makan, terlebih makanan padat, kelenjar pituitari di diri Anda akan merasakan perkembangan ini, sehingga tubuh memproduksi lebih sedikit prolaktin. Semakin sedikit prolaktin yang diproduksi, semakin cepat normal pula kembali jadwal menstruasi Anda.

"Jangka waktu untuk periode normalisasi antara enam bulan hingga dua tahun," menurut Dr. Karen Leham, M.D, dalam laman Health Line.

Meskipun begitu, ada pula ibu yang tetap mendapatkan menstruasi kendati sedang menyusui. Bila siklus menstruasi Anda tak terganggu sekalipun sedang menyusui, bisa jadi anak Anda tak tertarik untuk menyusu. Alasannya bisa terkait dengan perubahan rasa ASI tersebut. Maka, memperbaiki makanan yang dikonsumsi yang baik bagi ASI semestinya menjadi perhatian.

Hal lain yang perlu Anda garis bawahi ialah, Anda tetap bisa hamil walaupun tidak menstruasi karena menyusui. Jadi tak perlu kaget bila Anda tiba-tiba hamil sekalipun tidak menstruasi, di bulan-bulan menyusui, Moms.

Ilustrasi Ibu Hamil Menggendong Balita (Foto: Shutterstock)

Kendati normal, tidak ada salahnya mendiskusikan dengan dokter Anda terkait kondisi ini. Sebab adapula faktor lain yang sebabkan haid tak teratur dan perlu penanganan dokter. Di antaranya akibat kista, sakit radang panggul dan penurunan berat badan yang ekstrim.

Penulis: Nanda Saputri

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60