Pencarian populer

Sejuta Cara AIMI Peringati Pekan Menyusui Sedunia

Ilustrassi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Setiap tanggal 1-7 Agustus, dunia memperingati World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia. Ini merupakan salah satu cara yang WHO dan UNICEF lakukan dalam mendukung ibu menyusui, di manapun mereka berada.
ADVERTISEMENT
Tiap-tiap negara umumnya punya organisasi yang mendukung menyusui. Di Indonesia ada Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatannya, AIMI.
Berdiri sejak tanggal 21 April 2007, AIMI merupakan organisasi nirlaba berbasis kelompok sesama ibu menyusui, yang bertujuan menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang menyusui serta meningkatkan angka ibu menyusui di Indonesia.
Saat ini AIMI terdapat di 17 daerah/provinsi serta 9 kotamadya/kabupaten. Nah, dalam peringati Pekan Menyusui Sedunia, tiap cabang pada provinsi dan kabupaten memiliki agenda acaranya masing-masing.
Menyusui. Foto: Shutterstock
Ini bisa dilihat agenda acaranya dari akun Instagram AIMI, Moms. Mulai dari talkshow yang mendatangkan para pakar yang ahli pada bidang menyusui seperti dokter, konselor, dan komunitas Ayah ASI, yang dilanjutkan dengan menyusui serentak. Selain acara tatap muka, di beberapa cabang juga ada format acara berbentuk sesi Q&A live di media sosial dan kulwap (kuliah whatsApp).
ADVERTISEMENT
Selain acara yang diselenggarakan masing-masing cabang, rupanya AIMI juga bekeja sama dengan rumah sakit serta instansi pemerintah. Jadwal dan tempat acaranya juga bisa Anda perhatikan dari media sosial AIMI.
Loading Instagram...
"Semua lini kita serbu, karena memang butuh dukungan semua pihak untuk berhasil menyusui," kata Ketua Umum AIMI 2018 - 2023, Nia Umar.
Nia melanjutkan, harapannya semoga semua ibu bisa beruntung didukung oleh semua pihak yang ada di sekitar mereka untuk bisa menyusui buah hatinya, sesuai dengan harapan dan tujuan mereka. "Sebab, keberhasilan menyusui itu tidak serta merta hanya pada peran ibu atau bagaimana bayi menyusu; (tapi) ada peran besar dari pasangan, nenek, kakek, keluarga, nakes, faskes, pemuka agama, pengusaha dan peran penting dari pemerintah," jelasnya.
Ilustrasi bayi menyusu Foto: Shutterstock
Adapun tema pada tahun ini yaitu Empower Parents, Enable Breastfeeding (Berdayakan Orang Tua, Untuk Bisa Menyusui). Menurut Nia, tema Pekan Menyusui Sedunia ini disusun oleh WABA (World Alliance for Breastfeeding Action). Adaoun AIMI adalah anggota network dari WABA.
ADVERTISEMENT
WABA itu sendiri adalah jaringan secara global, terdiri individu maupun organisasi yang berdedikasi untuk mendukung menyusui di seluruh dunia, berdasar Deklarasi Innocenti, Sepuluh Tautan untuk Memelihara Masa Depan dan Strategi Global WHO / UNICEF dalam pemberian makan pada bayi dan anak-anak.
Lantas, di mana saja cabang AIMI, untuk mengecek agenda acara di kota atau kabupaten Anda tinggal agar bisa mengikuti acaranya?
Loading Instagram...
AIMI ada di provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan, Moms.
Bukan cuma itu, AIMI juga memiliki cabang di 9 kotamadya/kabupaten di luar ibu kota provinsi yakni Depok, Cirebon, Bekasi, Bogor, Solo, Purwokerto, Bantul, Malang, dan Sorowako. Sementara sekretariat AIMI berkedudukan di DKI Jakarta. Jadi bila ingin belajar tentang menyusui atau mengikuti kegiatan-kegiatannya, segera saja hubungi AIMI yang terdekat dengan Anda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86