kumparan
22 Sep 2019 16:01 WIB

Tip Agar Buah dalam Bekal Sekolah Anak Tetap Segar

ilustrasi potongan buah dalam kotak bekal sekolah anak Foto: Shutterstock
Bukan rahasia lagi kalau buah sangat baik untuk melengkapi bekal sekolah anak. Berbagai jenis buah-buahan bisa memberi anak banyak kandungan gizi mulai dari vitamin, mineral juga serat.
ADVERTISEMENT
Tapi seringkali, bila dibawakan bekal buah anak tidak mau memakannya. Hal ini bisa jadi bukan karena anak tidak suka, tapi karena saat waktu makan di sekolah tiba buah-buahannya sudah tidak segar, bentuknya rusak atau berubah warna! Anakpun jadi tak berselera.
Jangan menyerah, Moms! Ada kok cara menyiapkan dan mengemas buah-buahan dalam bekal sekolah anak bisa tetap segar sekaligus tidak kehilangan nutrisinya.
Simak saja beberapa tips yang sudah kumparanMOM rangkum berikut ini untuk Anda:
  1. Gunakan air garam
ilustrasi merendam potongan buah apel untuk bekal sekolah anak Foto: Shutterstock
Rendam irisan buah (seperti apel atau pir) dalam larutan satu gelas air dingin dan empat sendok teh garam. Jumlah air dan garam bisa disesuaikan dengan jumlah buah yang hendak Anda rendam.
ADVERTISEMENT
Tidak usah terlalu lama, Moms. Sekitar selama tiga sampai lima menit saja. Kemudian tiriskan dan kemas dalam wadah atau kotak bekal kedap udara.
  1. Bungkus terpisah
Bungkuslah buah bundar seperti apel, jeruk atau pir dengan sehelai kain kering. Ikat atau simpul bagian atasnya, sehingga buah tidak berguling-guling di tas bekal sekolah anak. Ini akan menjaga bentuknya temakan siang Anda.
  1. Bekukan
ilustrasi buah-buahan untuk bekal sekolah anak Foto: Shutterstock
Kupas buah, potong jadi irisan tebal, bekukan di freezer malam hari sebelum anak akan membawanya ke sekolah. Tips ini bisa dicoba untuk buah anggur, stroberi, mangga, pepaya dan kiwi.
  1. Bungkus batang pisang
Pisang mudah berubah jadi coklat atau terlalu cepat matang, saat dibawa di dalam tas sekolah. Solusinya? Bungkus batang pisang dengan plastik elastis (cling wrap) plastik ke batangnya.
ADVERTISEMENT
  1. Gunakan pisau tajam
Potong buah-buahan untuk bekal sekolah anak dengan pisau yang tajam Foto: Shutterstock
Tahukah Anda kenapa buah seperti apel dan pir cepat berubah warna atau jadi coklat setelah dipotong, Moms? Ternyata ini karena apel kaya akan zat besi.
Ketika Anda memotong apel, sel-selnya menjadi rusak, dan memungkinkan oksigen untuk bereaksi dengan zat besi dan enzim yang disebut polifenol, menyebabkan besi oksida terbentuk. Intinya, apel jadi 'berkarat'. Nah, memotong apel dengan pisau yang tajam bisa mengurangi resiko terjadinya proses ini karena semakin tajam mata pisau, semakin sedikit kerusakan sel buah yang terjadi.
  1. Beri Pendingin
ice pack atau ice gel bisa jadi pendingin bekal sekolah anak Foto: Dok.Istimewa
Masih menyimpan ice gel atau ice pack dari masa menyusui dulu? Bisa lho Moms, digunakan untuk jadi pendingin bekal sekolah anak.
ADVERTISEMENT
Anda juga bisa membeli ice pack berbentuk lucu yang kini banyak dijual. Cari saja di OLS atau laman e-commerce andalan Anda. Tidak hanya lengkap dan sehat, bekal sekolah anak pun jadi semakin menarik!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan