Pencarian populer

Tips Hadapi Anak Balita yang Tidak Mau Makan

Ilustrasi balita tidak mau makan Foto: Shutterstock

Untuk sebagian ibu, menghadapi balita yang tidak mau makan bisa jadi masalah yang sangat menantang. Tidak hanya menguras energi dan emosi, saat balita menolak makan wajar bila ibu menjadi khawatir. Bagaimana kalau kebutuhan nutrisinya jadi tidak terpenuhi? Atau bagaimana kalau si kecil sampai terganggu tumbuh kembanganya bahkan jatuh sakit?

Belum lagi kalau aksi mogok makan balita disertai dengan rengekan, tantrum hingga usaha 'melarikan diri' setiap saat Anda menyodorkan makanan. Aduh, harus bagaimana ya Moms menghadapinya?

Yang jelas, bukan dengan mencubit, menyuapi paksa hingga mencekoki si kecil, lho! Anda bisa mencoba kiat-kiat menghadapi balita ketika ia menolak makanan yang kumparanMOM rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

Pilih waktu yang tepat untuk memberi bayi camilan atau MPASI Foto: pixabay

1.Tunggu waktu laparnya

Bersabarlah, Moms. Beri anak waktu sampai ia mau dengan bujukan Anda. Ketika ia sudah mulai lapar, maka Anda bisa menawarkannya makanan. Tapi hal inipun juga perlu strategi, Moms.

Untuk itu, pastikan Anda tidak terlalu banyak memberikan camilan dalam jumlah banyak pada waktu snacking time, maupun susu, supaya ia tidak merasa sudah kenyang.

2.Perhatikan nafsu makan anak

Mungkin si kecil memang sedang suka menolak makan belakangan ini. Tapi perhatikan lagi pola makannya Moms. Tak mengapa jika balita Anda hanya ingin porsi yang sedikit, tapi jika dalam intensitas sering. Hal yang terpenting, kebutuhan akan asupan gizinya terpenuhi.

Anda perlu waspada jika ia terus menolak makan, padahal belum ada makanan lain yang masuk sejak dari tadi.

Ilustrasi balita makan buncis. Foto: Shutterstock

3.Sediakan camilan sehat

Manfaatkan momen snacking time dalam usaha pemenuhan zat gizi bagi tubuhnya, Moms. Anda bisa menyediakan camilan, tapi tetap yang sehat dan mengandung nutrisi baik baginya. Bisa dari bahan buah-buahan segar, olahan puding, gandum, atau lainnya.

4.Beri apresiasi

Setiap kali anak menerima makanannya, Anda bisa memberi ciuman dan pelukan Moms. Ucapkan pula kata sayang dan bangga pada si kecil.

Perasaan dipedulikan seperti ini, bisa membuatnya semangat menyantap makanan di piringnya, lho.

Ilustrasi ibu menyuapi anak balita Foto: Shutterstock

5.Jelaskan manfaatnya

Beri tahu anak, manfaat yang bisa ia dapat bila mengonsumsi makanan sehat. Di antaranya bisa punya tubuh yang sehat, sehingga ia bisa bermain dan belajar tanpa gangguan, bisa tidur dengan nyenyak, dan sebagainya.

Anda juga bisa memberikan balita pelajaran, jika ia terus menolak makanannya. Tapi ingat, bukan dengan kekerasan fisik ya Moms. Misalnya, Anda bisa mengancam membatalkan rencana liburan akhir pekan, atau tidak akan lagi memberikan es krim.

6.Ajak anak mencontoh idola

Anda bisa melibatkan karakter idola si kecil untuk memancingnya makan. Seperti, tokoh Popeye yang suka makan bayam dan bisa menjadi tambah kuat dan sehat, Upin Ipin yang suka ayam goreng, dan lainnya. Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41