Pencarian populer

Tips Liburan Bersama Keluarga dari Joe Taslim

Joe Taslim bersama keluarga Foto: Instagram/@julietaslim
Seberapa penting makna liburan bersama keluarga bagi Anda, Moms? Untuk aktor Joe Taslim, liburan yang ia jadikan salah satu cara meningkatkan bonding di antara anggota keluarga ternyata sangat penting.
ADVERTISEMENT
"Biasanya nunggu liburan Natal atau Lebaran, jadi memang memanfaatkan dua momen itu, untuk bisa liburan sekeluarga. Bonding sama keluarga adalah hal yang paling penting," katanya pada kumparan saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, dalam acara interview eksklusif bersama Booking (dot)com, beberapa waktu lalu.
Dalam kesempatan ini, Joe Taslim juga memberikan tips merencanakan dan jalani liburan bersama keluarga agar jadi lebih berkesan. Seperti apa ya?
Joe Taslim bersama istri dan anak laki-lakinya saat berlibur di Cape Town Foto: Instagram/@julietaslim
  1. Diskusi bareng
"Sebenarnya karena ini liburan keluarga, berarti bukan keputusan saya pastinya. Kita sebagai satu keluarga, biasanya diskusi dulu sekeluarga, bareng anak dan istri saya. 'Ke mana nih?', pastinya saya dan istri saya akan lebih dari 50 persen (condong) ke anak, anak maunya ngapain," ujar Joe.
ADVERTISEMENT
Ia juga menambahkan, diskusi perlu dilakukan secara menyeluruh, bukan cuma soal destinasi saja, tapi juga aktivitas yang akan dilakukan, hingga kuliner apa yang wajib dicoba saat traveling.
"Kayak anak-anak, let’s say, apakah mereka mau bawa mainan apa enggak. Kita diskusi dulu, apakah di sana mau jalan, lenjeh-lenjeh aja, atau kita mau explore. Terkadang, kita begitu sampai di suatu lokasi, anak-anak senangnya di hotel aja, berenang, makan, mereka cuma mau nonton bareng, cuma ganti suasana aja. Apalagi, kita biasanya, kan, seminggu sampai delapan hari di sana," jelasnya.
Loading Instagram...
  1. Riset
Agar liburan bersama keluarga terasa nyaman, aman, dan berjalan dengan lancar, Joe biasanya melakukan riset terlebih dulu, Moms. Mulai dari lokasi hotel yang hendak dihuni, kawasan sekitar hotel, tempat bermain anak yang tak jauh dari hotel, hingga jarak hotel ke bandara.
ADVERTISEMENT
"Traveling bersama keluarga, prioritasnya pasti anak-anak. Biasanya dari Booking.com, kita search dulu, lokasinya di mana, surrounding hotel atau akomodasi yang kita pilih itu apa, makanan yang cocok buat anak apa. Apakah itu family friendly, apakah ada makanan sehat, apakah dalam radius dekat tempat tinggal itu ada tempat yang menarik untuk anak-anak main," kata suami dari Julie Taslim ini.
  1. Pilihan makanan yang cocok
Makanan yang tersedia di destinasi liburan yang dituju, kadang tidak sesuai yang Anda inginkan. Untuk itu, Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan kebiasaan keluarga Anda.
Sementara bagi Joe Taslim, ia mengaku bahwa keluarganya sangat senang makan nasi. Sehingga, sebisa mungkin, saat traveling ke luar negeri, mereka akan memilih penginapan yang berada dekat dengan kawasan Asia atau menyediakan Asian's food.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
  1. Bawa obat-obatan
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat traveling di luar negeri, Joe Taslim selalu mengusahakan untuk membawa obat-obatan lokal dalam perjalanannya, Moms.
"Pastinya kalau bawa anak, harus bawa obat-obatan, kayak first aid kit (pertolongan pertama) yang sangat lokal, seperti yang kita lakukan di traveling kemarin-kemarin. Kita bawa obat-obat herbal yang kita cocok," jelas Joe.
  1. Tidak bawa asisten
Bagi Joe Taslim, waktu bersama keluarga adalah paling berharga, terlebih di tengah-tengah pekerjaannya yang menuntut ia untuk terpisah jauh dari keluarga. Karenanya, saat liburan, ia dan sang istri tidak membawa asisten atau baby sitter.
Menurutnya, ini tentu bukan tips yang umum, tetapi setidaknya Anda dan keluarga menjadi punya waktu berkualitas dihabiskan bersama orang-orang tercinta. Sehingga, traveling menjadi waktu spesial untuk 'menebus' waktu yang hilang selama bekerja.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
  1. Pastikan seluruh persiapan sudah matang
Setelah semua persiapan, seperti tiket, akomodasi, dan itinerary tersedia, Joe Taslim menyarankan agar Anda memastikan kembali seluruhnya sebelum hari H. Pastikan bahwa tempat yang akan didatangi aman, ramah keluarga, ramah anak, dan juga fleksibel.
Pastikan pula, Anda mencatat hal-hal yang sekiranya jadi kebutuhan dan keinginan keluarga Anda saat berada di destinasi yang dituju. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengkomunikasikannya dengan agen perjalanan, menghubungi operator hotel, atau mengeceknya melalui review perjalanan yang 'ditinggalkan' oleh traveler lainnya.
"Cari tahu, apakah kalian butuh flexibility dalam akomodasi, apakah boleh upgrade kamar, atau cancel last minute. Karena kalau kita pergi sendiri, hotelnya tiba-tiba ada masalah, lo enggak bisa langsung tinggal, enggak segampang itu. Tas lo ada lima-enam, dan lo pergi ke hotel, and you don't like it, dan hotelnya sangat kaku, ya, you're in trouble," tutup Joe Taslim.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81