Pencarian populer

FBI Sadap Percakapan Mesra El Chapo dengan Istri dan Selingkuhannya

Bos Kartel Narkotika Meksiko El Chapo (Foto: REUTERS/Henry Romero)

Pengadilan Amerika Serikat mengungkap hubungan intim antara kartel narkotika terbesar Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman dengan istri dan selingkuhannya. Pengungkapan ini terjadi berkat hasil penyadapan FBI terhadap ponsel kedua wanita tersebut.

Dalam pengadilan Rabu pekan ini yang dikutip AFP, El Chapo memberikan ponsel Blackberry kepada istrinya, mantan ratu kecantikan Emma Coronel, dan kekasih gelapnya Agustina Cabanillas Acosta.

Pemimpin geng Sinaloa yang paranoid dan pencemburu ini telah memasukkan alat penyadap di ponsel keduanya. Namun tanpa dia ketahui, FBI juga telah menyadap ponsel Emma dan Agustina selama bertahun-tahun.

Percakapan kartel berusia 61 tahun itu dengan istri dan selingkuhannya terekam dan disajikan dalam pengadilan kota New York. Dalam percakapan tersebut, El Chapo berbicara hal-hal ringan dan mesra, hingga soal pembelian kokain dalam jumlah besar.

Istri "El Chapo", Emma Coronel Aispuro. (Foto: Kena Betancur/ AFP)

"Kiki tidak kenal takut. Saya akan memberi dia AK-47 agar bisa ada di samping saya," kata El Chapo kepada istrinya dalam sebuah pesan pada Januari 2012. Kiki adalah panggilan salah satu putri kembar El Chapo, Maria Joaquina, yang kini berusia 7 tahun.

Dibacakan juga percakapan El Chapo dengan istrinya soal jam tangan yang mereka beli seharga USD 12 ribu, sekitar Rp 170 juta. Dalam salah satu pesan, Emma meminta uang kepada suaminya untuk operasi plastik.

Pesan lainnya, El Chapo yang dalam pelarian meminta Emma mengiriminya segera dua pasang sepatu hitam, celana jeans, shampo hingga pewarna hitam untuk kumis.

Sedangkan dengan kekasih gelapnya, El Chapo kebanyakan berbicara soal bisnis kokain. Agustina telah lama menjadi tangan kanan El Chapo dan dijuluki "Fiera" atau hewan liar.

Salah satu pesan sadapan mengungkapkan rencana keduanya membeli 630 hingga 700 ton kokain dari Belize. Pesan lain menunjukkan keduanya berencana mendirikan perusahaan pupuk di Jerman dan Ekuador.

Istri "El Chapo", Emma Coronel Aispuro. (Foto: Don Emmert / AFP)

El Chapo dan Agustina punya panggilan mesra satu sama lain, yaitu "cinta".

"Aku mengagumimu. Kau adalah orang paling penting bagiku," tulis El Chapo kepada Agustina.

Saat pesan-pesan itu dibacakan, Emma yang kini berusia 29 tahun berada di ruang pengadilan dengan wajah datar. Dia menghindari kontak mata dengan semua orang kecuali dengan suaminya.

El Chapo diekstradisi ke AS dua tahun lalu setelah dua kali kabur dari penjara Meksiko. Pengadilan El Chapo sudah berlangsung selama dua bulan.

Dia terancam hukuman penjara seumur hidup atas penyelundupan 155 ton narkoba ke AS.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63