Pencarian populer

Kawan yang Jadi Lawan Ungkap Kehidupan Super Mewah El Chapo

Bos Kartel Narkotika Meksiko El Chapo (Foto: REUTERS/Henry Romero)

Kehidupan Joaquin “El Chapo” Guzman kini merana, mendekam di penjara yang dingin dan kotor, terancam hukuman penjara seumur hidup. Padahal dulu kehidupannya super mewah, bergelimang harta berkat bisnis haramnya menyelundupkan kokain ke Amerika Serikat.

Dengan uangnya yang tak berseri, El Chapo nyaris bisa membeli semuanya. Nyaris, karena ternyata dia tidak bisa membeli kawan. Buktinya seorang kawannya kini justru berbalik menjadi lawannya di pengadilan Brooklyn, New York, Selasa (27/11).

Adalah Miguel Angel “El Gordo” Martinez, mantan pilot dan salah satu petinggi kartel Sinaloa yang bersaksi melawan El Chapo di pengadilan. Dia adalah salah satu peserta program perlindungan saksi untuk kasus penyelundupan kokain, ganja, heroin, dan sabu Sinaloa sebesar 154.626 kg dengan nilai USD 14 miliar ke AS antara 1989-2014.

Bersaksi di depan El Chapo yang tidak henti memandanginya nanar, Martinez mengatakan gembong narkotika itu di masa jayanya mendapatkan pemasukan dari bisnis ilegal hingga USD 30 juta, lebih dari Rp 435 miliar, per bulan. Uang itu diterbangkan dengan jet pribadi dari kota perbatasan Tijuana ke Mexico City.

Bos Kartel Narkotika Meksiko El Chapo (Foto: Wikipedia)

"Pada 90-an, dia punya empat jet pribadi, rumah-rumah di pinggiran pantai, peternakan di seluruh negara bagian Meksiko," kata Martinez.

"Kami berkeliling dunia, ke Brasil, Argentina, Aruba, ke seluruh Eropa, Jepang, Hong Kong, Thailand, Peru, Kuba, Kolombia, Panama," lanjut dia.

Di sebuah rumahnya di Guadalajara, kata Martinez, El Chapo punya kebun binatang sendiri yang diisi harimau, singa, panther, dan kijang. Rumah itu sangat luas sehingga El Chapo melengkapinya dengan kereta kecil untuk bisa mengitarinya dalam sehari.

Di salah satu rumahnya yang lain El Chapo disebut punya ruang khusus untuk menyimpan uangnya sebesar USD 20 juta atau Rp 290 miliar.

Diakui Martinez El Chapo sangat royal kepada para pengikutnya. Suatu kali Martinez pernah dibelikan jam tangan Rolex bertabur berlian. Martinez juga pernah diperintahkan El Chapo membeli mobil-mobil mewah, bukan satu atau dua, tapi 50 buah!

Joaquin “El Chapo” Guzman. (Foto: AFP/ALFREDO ESTRELLA)

Mobil-mobil merek Buick, Cougar, dan Thunderbird itu diberikan kepada kawan-kawannya di Sinaloa sebagai hadiah Natal. Harga satu mobil bisa mencapai USD 35 ribu, sekitar Rp 500 juta.

Di usianya yang mencapai 61 tahun, El Chapo masih terlihat segar, tidak ada uban di kepalanya. Menurut Martinez, itu karena El Chapo melakukan peremajaan tubuh di sebuah klinik di Swiss.

"Mereka meletakkan sejenis sel di tubuhmu untuk membuat lebih muda," kata dia.

Tapi banyak uang tidak memberikan El Chapo ketenangan. Menurut Martinez El Chapo sangat paranoid dengan keselamatannya. Itulah sebabnya dia menghabiskan USD 12 juta per bulan untuk menyuap aparat, musuh-musuhnya, hingga menyadap kekasih-kekasihnya.

Banyak uang juga tidak menjamin kesehatannya. Menurut Martinez, El Chapo pernah sangat kecanduan kokain sehingga hidungnya harus dioperasi pada 1991.

Martinez mengatakan setiap El Chapo mengisap empat gram kokain. Namun kepada aparat, El Chapo mengaku telah bersih dari narkoba dalam 20 tahun terakhir.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60