Pencarian populer

Joko Widodo Unggul dari Prabowo soal Persepsi Positif di Medsos

Jokowi-Ma'ruf Amin Foto: istimewa

Setelah media cetak dan online, G-Comm kembali melakukan riset untuk membandingkan eksistensi Joko Widodo dan Prabowo di media massa. G-Comm menemukan bahwa paslon nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin lebih unggul ketimbang Prabowo - Sandiaga Uno dalam persepsi positif di media sosial sepanjang 1-31 Januari 2019.

Berdasarkan hasil riset lembaga konsultan yang bergerak dalam bidang komunikasi publik tersebut, keyword Joko Widodo - Maruf Amin yang menjadi pemberitaan positif di media sosial mencapai 84 persen. Sementara itu, pemberitaan negatif hanya 16 persen. Riset bidang ini juga meliputi kehumasan, media sosial, manajemen media sosial, manajemen konten media dan manajemen penelitian.

Sementara itu, impresi positif paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di media sosial hanya 77 persen dan pemberitaan negatifnya sebesar 23 persen. "Hal itu lebih tinggi dibandingkan pasangan Prabowo-Sandi yang mendapat nada positif 77 persen dan negatif 23 persen," Direktur G-Comm, Andi Irman dalam rilis yang diterima Senin (11/2).

Keunggulan pasangan Joko Widodo - Ma ruf di media sosial ini diperkirakan akibat isu-isu negatif yang dialamatkan pada Prabowo-Sandi. Seperti banyaknya informasi hoaks yang disebarkan oleh tim Prabowo-Sandi dan adanya sikap pesimistis Prabowo bagi bangsa.

"Dari hasil riset yang kami lakukan selama Januari memang menunjukkan isu-isu negatif yang disebarkan tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi, selain informasi hoaks dan rasa pesimis Prabowo, masyarakat di media sosial juga merasa Visi Misi Prabowo tidak jelas saat debat perdana," kata Andi.

Di periode yang sama selama Januari 2019, elektabilitas pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih unggul dengan beberapa kecenderungan isu yang ramai diperbincangkan di media sosial.

"Selama periode Januari 2019 terhitung sejak tanggal 1 sampai 31, hasil riset menunjukan jumlah berita atau artikel yang dibagikan di kanal Facebook dan Twitter dengan kata kunci Jokowi-Ma ruf mencapai 4.314 berita/artikel yang tersebar. Dari jumlah ini mendapatkan jumlah dibagi sebanyak 2.518.472 dengan rata-rata bagi per artikel sebanyak 584," jelas Andi.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk mendapatkan berita terkini dan terlengkap.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59