Pencarian populer

Bubur Ayam hingga Chopper Emas, Inilah 5 Bintang Motor Modif di 2018

Elders Garage x Kickass Choppers (Foto: Dok. Elders Garage)

Tahun 2018 bisa dibilang menjadi salah satu titik tertinggi bagi dunia kustomasi sepeda motor di Indonesia. Beberapa karya sepeda motor karya tangan anak bangsa mendapat perhatian secara nasional bahkan juga pengakuan dari dunia internasional.

Dampaknya, beragam pameran otomotif pun tidak bisa lepas dari kehadiran motor-motor kustom. Tidak hanya itu, beberapa event bertemakan kustom pun terus mewabah dan rajin diselenggarakan di tahun 2018 ini.

Berikut rangkuman beberapa sepeda motor kustom karya builer lokal yang ramai dibicarakan tahun 2018 lalu.

1. Chopper emas Jokowi

Presiden Joko Widodo menjadikan 'motoran', khususnya motor kustom, sebagai salah satu hobi barunya. Bahkan orang nomor satu di Indonesia pada tahun 2018 langsung punya dua unit motor kustom.

Pertama, motor choopper emas hasil kolaborasi Elders Garage dengan KickAss Chopper yang pertama kali masuk istana Januari lalu. Motor ini sendiri kemudian sukses menyedot atensi publik dan membuat motor modifikasi gaya chopper meledak di masyarakat.

Tidak puas dengan motor chopper emasnya, pertengahan tahun, Jokowi membuat motor kustom baru dengan bahan Kawasaki W175. Katros Garage ditunjuk untuk menggarap motor berkelir hijau ini dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan motor pertamanya, chopper.

Jokowi naik motor keliling Bandung. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Menariknya Jokowi pun kerap 'jalan-jalan' dengan motor-motor kustomnya ini. Tercatat dalam kunjungan ke beberapa wilayah di sekitar Jabodetabek motor ini sempat beberapa kali ditunggangi Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini.

2. Cafe Racer Gibran

Tidak mau kalah dari Bapaknya, Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka juga ikut merambah dan membuat motor kustom. Motor kustom pertama Gibran adalah cafe racer dengan modal Honda CB 125 lansiran tahun 1974.

Motor dengan warna biru langit itu dibuat di rumah modifikasi Rich Richie Ride & Garage (RRRG) di Solo, Jawa Tengah. Bersama dengan chopper emas Jokowi, motor ini pun sempat dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, April lalu.

Tidak puas dengan satu motor, pria pemilik Markobar ini kemudian melanjutkan kustomasi Royal Enfield Classic 500 miliknya dan Honda Dax yang keduanya dipercayakan juga ke Katros Garage.

Konsep motor kustom baru milik Gibran (Foto: dok. Katros Garage)

3. Bubur Ayam Racer

Tidak bisa dipungkiri kalau kehadiran Kawasaki W175 menjadi salah satu pendorong merasuknya budaya kustom ke masyarakat awam. Bicara tentang Kawasaki W175 hasil modifikasi, salah satu yang paling menarik perhatian tentunya adalah 'Bubur Ayam Racer' milik Den Dimas.

Loading Instagram...

Motor bergaya cafe racer ini langsung menarik perhatian begitu diperkenalkan pertengahan Maret lalu. Kembali Katros Garage dipercaya menjadi bengkel yang membangun motor ini.

4. T-005 Cross

Jika motor-motor kustom lainnya mendapat atensi dari dalam negeri, motor-motor karya Thrive Motorcycle justru berhasil mendapat apresiasi dari dunia kustom internasional.

Karya mereka yang paling sukses tentu saja T-005 Cross. Motor yang berbasiskan Yamaha Scorpio ini sejak April 2019 lalu, dipajangkan di Petersen Automotive Museum, Los Angeles, Amerika Serikat, selama satu tahun. Tidak hanya itu, situs khusus motor kustom internasional seperti Bike EXIF beberapa kali mengangkat karya mereka ke permukaan.

Jangan lupakan juga T-XX, motor kustom hasil kerjasama Thrive dengan Royal Enfield untuk memperkenalkan model teranyar pabrikan motor asal India ini, Interceptor.

T-XX Interceptor, Modifikasi Royal Enfield Interceptor INT 650 daro Thrive Motorcycle (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)

5. The Falcon dan RG 545 Jebolan Indonesian Attack 2018

Ada yang kurang rasanya jika membicarakan motor kustom kalau melewatkan Kustomfest. Festival budaya kustom yang tidak pernah absen diselenggarakan sejak tahun 2012 ini adalah tempat berkumpulnya motor-motor kustomasi unik nan kreatif.

Dari gelaran ini juga kemudian lahir gerakan 'Indonesian Attack' yang mengirimkan motor-motor kustom karya anak bangsa ke gelaran internasional sekelas Yokohama Hot Rod Custom Show 2018. Tahun 2018 ini ada delapan motor kustom karya builder lokal yang berangkat ke Jepang bersanding dengan 400 unit motor kustom lain yang turut unjuk gigi dari belahan dunia lain.

Tidak sekadar meramaikan, dau motor kustom dari Indonesia bahkan membawa pulang penghargaan. The Falcon karya Queenlekha Choppers (Yogyakarta) dan RCG 545 Chopper buatan Ndra King (Bandung), masing-masing mendapat satu piagam apresiasi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40