kumparan
12 Jan 2019 17:08 WIB

Edisi Terbatas Toyota Mark-X GRMN, Harganya Rp 666,9 Juta

Toyota Mark-X GRMN (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Tokyo Auto Salon berlangsung 11 hingga 13 Januari 2019. Hajatan modifikasi kendaraan roda empat terbesar di Jepang tersebut menampilkan berbagai macam ubahan mobil standar, jadi lebih rupawan.
ADVERTISEMENT
Salah satunya Toyota Mark-X yang dikustomisasi oleh Toyota Gazoo Racing (TGR) --divisi motorsport Toyota--, menjadi kelihatan lebih agresif berkat penambahan aksesori dan body kit simpel dalam balutan Toyota Mark-X GRMN.
Namun sebelum bahas ubahannya, kami akan gambarkan dulu Toyota Mark-X itu seperti apa.
Soal Toyota Mark-X
Di Indonesia Mark-X tidak sepopuler Corona, Camry, Vios atau Crown. PT Toyota-Astra Motor (TAM) pun tidak pernah menjadikan Mark-X sebagai line-up sedannya sebagai model yang dijual secara retail. Jumlahnya sedikit. Kalau dirunut berdasarkan kelas, posisi Mark-X berada di antara Camry dan Crown.
Toyota Mark-X merupakan penerus dari Toyota Cressida yang pada tahun 80 sampai 90-an silam begitu populer di Indonesia. Saat ini sudah ada dua generasi Mark-X, pertama diproduksi dari tahun 2004 sampai 2009, kedua, dari 2009 hingga sekarang.
Toyota Mark-X GRMN (Foto: dok. TGR)
Bentuk Mark-X gado-gado Camry dan Crown, maksudnya punya tampilan yang sporty sekaligus elegan. Bagian depannya tidak ada emblem tiga oval khas Toyota, melainkan diganti dengan huruf X besar.
ADVERTISEMENT
Nah balik lagi soal model modifikasinya, memang tidak banyak ubahannya di sisi eksterior, modifikasi terfokus pada stabilitasnya yang lebih rigid. Jantung mekanisnya yang berupa mesin berkapasitas 3.500 cc V6-nya bertenaga 313 dk dan torsi 380 Nm-nya itu dipadukan pada suspensi terbaru.
Biar kendalinya lebih lincah tapi tidak bikin limbung, TGR mengubah kaki-kaki pada bagian depan dan belakangnya.
Toyota Mark-X GRMN (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
“Lebih jauh kami memasang suspensi hasil pengembangan riset terbaru ditambah Electronic Power Steering (EPS) yang telah diatur ulang, sehingga menghasilkan karakteristik kontrol yang sporty dibanding sebelumnya,” jelas President of Toyota Gazoo Racing Company, Shigeki Tomoyama saat mengenalkan Toyota Mark-X di arena Makuhari Messe dalam gelaran Tokyo Auto Salon.
Tidak cukup pada urusan suspensinya saja, Toyota Mark-X paket lincah ini punya bobot yang lebih ringan 10 kg. Rahasianya karena menggunakan velg 19 inci besutan BBS, dilengkapi dengan kaliper rem yang bobotnya ringan dan didesain khusus buat Toyota Mark-X GRMN ini.
Toyota Mark-X GRMN (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Biar makin terasa nuansa balapnya, ada jok bucket seat untuk pengemudi dan penumpang depannya. Dashboard dan konsol panel tengah juga sudah diselimuti karbon, jadinya beda dengan Mark-X lain.
ADVERTISEMENT
Itu dari dalam, selebihnya luar, ubahannya minim. Dari depan sebenarnya tidak begitu kentara, tapi dari belakang, mobil ini cukup sporty. Ada diffuser yang sporty, ditambah spoiler hitam kecil biar pintu bagasinya tidak begitu monoton.
Toyota Mark-X GRMN ini akan lebih spesial karena dijual secara terbatas sebanyak 350 unit saja secara global. Untuk pasar domestik Jepang (JDM) akan dijual dengan label harga 5,1 juta yen atau setara dengan Rp 666,9 juta-an.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan