Pencarian populer
Otomotif

Mengapa Usia 17-20 Tahun Lebih Rentan Mengalami Kecelakaan?

Pelajar nekat terobos trotoar (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)

Data Kementerian Perhubungan menunjukkan, salah satu penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia adalah anak muda yang masih duduk di bangku sekolah menengah atau SMA. Jumlahnya mencapai 132.432 pada 2017 lalu.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengatakan data tersebut itu diharapkan bisa membuat para orang tua dan pihak-pihak terkait untuk turut serta dalam menekan angka kecelakaan.

Ilustrasi kecelakaan sepeda motor. (Foto: Pixabay)

Nah ini, ternyata yang banyak mengalami kecelakaan itu anak-anak juga, khususnya yang berpendidikan tingkat SMA. Umumnya mereka berusia 17 tahun atau kurang dari itu. Padahal masih belum boleh, karena itu banyak kecelakaan terjadi,” ujar Budi kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Jadi kami anjurkan nanti bila sampai rumah, lihat anak kita apa sudah 17 tahun, sudah punya SIM belum. Kalau memang sudah diingatkan untuk berhati-hati, pakai helm, jadi kita harus melindungi itu, karena dari sisi usia paling banyak 20 tahun,” tuturnya.

Budi menambahkan, banyaknya usia 17-20 tahun yang jadi korban kecelakaan karena pada umur tersebut belum cukup matang secara psikologis.

“Karena usia sekitar itu psikologisnya masih labil. Disenggol dan disalip sedikit, langsung ingin menyalip lagi, kemudian diklakson orang malah menantang balik. Jadi kita perlu tularkan betul etika dan aturan lalu lintas yang baik,” kata Budi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: