Pencarian populer

Suzuki Jimny Dirombak, Jadi Pikap dan Mirip Toyota FJ40

Mobil Jimny keluaran terbaru, di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (3/8) (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)

Suzuki Jimny yang debut global 5 Juli 2018 lalu terus menuai respons yang sangat positif. Seperti di Inggris, jumlah pemesanannya mencapai 4.500 unit, sementara Suzuki hanya mengalokasikan 1.100 unit Jimny ke sana.

Lain halnya di Amerika, penjualannya baru akan dimulai pada semester pertama tahun 2019, tapi indennya sudah mengular, namun Suzuki membatasinya sebanyak 2.000 unit saja. Sementara di Tanah Air, kehadirannya belum bisa dipastikan.

Sembari menantikan SUV mungil nan ikonik tersebut, tidak ada salahnya menyimak dua referensi modifikasi Jimny berikut ini. Usut punya usut, kedua model modifikasi itu akan ditampilkan Suzuki pada Tokyo Auto Salon 11 Januari 2019 mendatang, demikian seperti mengutip Carscoops.

Pertama ada konsep modifikasi bertemakan Jimny Survive. Dasarnya menggunakan Jimny yang punya dapur pacu berupa mesin 600 cc tiga silinder dengan turbocharger, yang masuk dalam klasifikasi Kei Car di Jepang.

Lewat ubahan yang ada pada Jimny Survive ini, tampilan serta fungsionalitas menjadi lebih gagah dan siap bertarung di medan off road yang berat sekalipun.

Modifikasi Suzuki Jimny (Foto: dok. Carscoops)

Lampu utamanya dibingkai dengan pelindung agar tidak mudah pecah saat berbenturan dengan kerikil maupun dahan pohon yang tajam saat melibas jalan. Tak cuma itu, bumper-nya juga diubah menggunakan bumper berbahan baja yang lengkap dengan winch dan cantelan towing.

Guna melindungi sekujur tubuhnya, ada roll cage yang dipasang pada bagian pilarnya, yang juga berfungsi sebagai roof bar untuk menempatkan berbagai macam peralatan berpetualang.

Di bawahnya, ada ban yang dikhususkan untuk off road yang menyelimuti velg aftermarket berpenampilan seperti velg Jimny lawas yang ada bulatannya.

Sementara konsep modifikasi yang kedua, ada Suzuki Jimny yang diubah menjadi sebuah pikap dan punya tampilan sedikit retro. Basisnya menggunakan Jimny Sierra bermesin 1.500 cc empat silinder yang sama seperti mesin Suzuki Ertiga.

Modifikasi Suzuki Jimny (Foto: dok. Carscoops)

Hal yang menarik adalah sekujur bodinya diselimuti warna emas dan ditambahkan aksen motif kayu di tengahnya. Sedangkan untuk bagian depan, grille bilah horizontalnya direvisi menggunakan body kit yang warnanya serupa dengan bodi dan mengingatkan kita akan fascia Toyota FJ40 hardtop.

Selebihnya bumper depan asli masih dipertahankan namun ditambah hook towing. Pada pilar tengahnya disematkan mounting baja untuk menempatkan lampu LED yang menyorot ke depan, sehingga akan cocok membawa Jimny edisi ini untuk berburu di hutan saat malam hari.

Seperti konsep modifikasi yang pertama, velg-nya juga diganti menggunakan velg berkelir putih agar nuansa jadulnya lebih terasa yang dibalut ban off road.

Bagaimana pendapatmu soal modifikasi Suzuki Jimny ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: