Pencarian populer

Panas Ekstrem 'Masak' 2.000 Ikan di Pantai Malibu AS

Penampakan ikan mati di pantai Malibu, AS. (Foto: KCBS2/KCAL9 via AP)

Ada kejadian unik dan mengerikan yang terjadi akibat temperatur panas di AS. Sekitar 2.000 ikan di Pantai Malibu, California, mati 'dimasak' oleh panas ekstrem yang terjadi pada pekan lalu.

Menurut laporan Live Science, 2.000 ikan yang mati merupakan spesies ikan belanak atau Mugil cephalus. Pantai Malibu sendiri juga menjadi habitat ikan jenis lain, seperti ikan rainbow trout atau Oncorhynchus mykissirideus dan tidewater goby atau Eucyclogobius newberryi.

Penyebab pasti kematian ikan-ikan tersebut masih belum diketahui, namun petugas California State Parks menduga temperatur air yang mencapai 27-28 derajat celsius jadi penyebabnya. Temperatur itu berada di atas batas ketahanan ikan belanak.

Temperatur air yang tinggi juga bisa menyebabkan penurunan jumlah oksigen di air dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri serta alga. Biasanya ikan belanak masih bisa bertahan hidup meski jumlah oksigen sedikit, sehingga kemungkinan bukan itu yang membunuh ikan-ikan malang tersebut.

Berdasarkan keterangan dari California State Parks, habitat dan kualitas air di Pantai Malibu telah meningkat secara signifikan, sejak proyek restorasi lingkungan dimulai pada 2013. Meski begitu, kematian ikan skala kecil juga kadang terjadi.

Ikan belanak cukup sering ditemukan di daerah pantai California Selatan. Ikan tersebut biasanya memakan sisa-sisa organik, bakteri, dan invertebrata kecil.

Ukuran ikan tersebut bisa mencapai panjang 46 sentimeter dan memiliki berat sekitar 1,3 kilogram. Biasanya ikan-ikan ini berenang mendekati pantai pada pertengahan musim dingin untuk bertelur.

Ikan belanak yang mati dibuang agar tak ganggu masyarakat

Penampakan ikan mati di pantai Malibu, AS. (Foto: KCBS2/KCAL9 via AP)

Pada awalnya petugas California State Park ingin membiarkan ikan-ikan yang mati itu mengambang dan menunggu alam atau hewan lain membersihkannya. Namun demi mencegah hal yang tak diinginkan, bangkai ikan akhirnya dibuang.

Dilaporkan bahwa ikan-ikan itu telah dibuang ke suatu tempat khusus. Hal ini dilakukan karena bangkai ikan mulai mengeluarkan aroma tidak sedap dan ada sebagian besar lokasi ikan yang sudah membusuk itu berada dekat dengan daerah pantai yang ramai.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38