kumparan
13 Mar 2019 14:21 WIB

Dorna soal Proyek Mandalika: Saatnya Memulai Era Baru MotoGP

Jokowi bertemu Ceo Dorna, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan beberapa pembalap MotoGP di Istana Bogor. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP telah memasukkan nama Indonesia sebagai salah satu tuan rumah seri musim 2021. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menilai Indonesia sebagai salah satu negara paling penting dalam perhelatan MotoGP.
ADVERTISEMENT
Keputusan resmi terkait Indonesia menggelar MotoGP pada musim 2021 telah diputuskan sejak akhir Februari 2019. Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ditunjuk jadi tempat penyelenggara.
Teranyar, Dorna baru saja melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada Senin (11/03/2019). Dilansir situs MotoGP, Selasa (12/03), Ezpeleta mengungkapkan bahwa masuknya Indonesia jadi pertanda dimulainya era baru MotoGP.
"Kami pikir penting bagi kami berada di sini untuk menyampaikan ide kepada presiden dan menteri olahraga. Mereka berkomitmen untuk melakukan segalanya dengan baik. Kami bicara soal proyek, soal fasilitas, dan bagi kami sangat penting MotoGP diterima di negara seperti Indonesia," kata Ezpeleta.
"Ini adalah salah satu negara paling penting dalam MotoGP dan industri sepeda motor. Ini adalah langkah penting untuk memulai era baru MotoGP. Asia adalah wilayah terpenting bagi industri sepeda motor di dunia. Dan tentu saja, Indonesia, dengan populasi dan minat besar mereka pada olahraga motor, ini sangat penting," ia menambahkan.
ADVERTISEMENT
Masuknya Indonesia akan membuat Asia Tenggara memiliki tiga negara yang menggelar MotoGP. Sebelumnya, Malaysia dan Thailand telah lebih dulu mendapatkan hak istimewa tersebut. Untuk Thailand, mereka baru memulainya sejak musim 2018.
Selain kelas MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menawarkan faktor keindahan alam yang dimiliki Indonesia. Konsepnya seperti street race dan dibangun di pesisir Pantai Mandalika. Artinya, para pebalap dan pengunjung juga bisa menikmati keindahan Mandalika yang luar biasa.
Di lain pihak, Direktur Utama Pengembangan Pariwista Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, berterima kasih kepada Ezpeleta yang maru datang ke Indonesia. Ia juga menilai bahwa proyek untuk MotoGP 2021 akan membawa manfaat besar untuk daerah yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT
"MotoGP akan membawa banyak manfaat ke daerah itu. Malaysia, Singapura, Thailand, dan saya pernah mendengar Vietnam akan memiliki F1. Jadi sekarang Indonesia, sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, akhirnya memiliki salah satunya, jadi ini akan membawa banyak perhatian ke daerah ini," jelas Abdulbar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan