kumparan
26 Agu 2019 19:22 WIB

Akun YouTube PewDiePie Tembus 100 Juta Subscriber

PewDiePie alias Felix Kjellberg, YouTuber populer dunia. Foto: PewDiePie/Facebook
Felix 'PewDiePie' Kjellberg meraih pencapaian baru di dunia YouTube. Akunnya di platform streaming milik Google itu berhasil mengantongi 100 juta subscriber.
ADVERTISEMENT
PewDiePie memang bukan akun YouTube pertama yang mencapai 100 juta subscriber, karena ia kalah cepat dengan kanal label musik dan produsen film asal India, T-Series, yang saat ini punya 109,7 juta pelanggan. Perlombaan subscriber ini sempat membuat kedua akun ini berseteru pada 2018 lalu.
Perseteruan mereka menjadi tren di media sosial dalam beberapa bulan ke belakang mengakibatkan jumlah subscriber dari masing-masing kanal melonjak tajam, sebelum akhirnya PewDiePie harus mengakui kekalahannya pada Mei 2019 silam. Meski begitu, apa yang dicapai PewDiePie terbilang spesial karena ia melakukannya sendiri sebagai kreator konten.
Logo YouTube. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Setelah T-Series dan PewDiePie, posisi ketiga kanal YouTube dengan subscriber terbanyak ditempati oleh 5-Minute Crafts dengan 60 juta subscriber.
Keberhasilan PewDiePie dalam mencapai 100 juta subscriber disambut dengan ucapan selamat dari para YouTuber terkenal luar negeri di Twitter, mulai dari MKBHD, jacksepticeye, hingga akun resmi YouTube sendiri.
ADVERTISEMENT
PewDiePie sendiri memiliki hubungan yang rumit dan sarat dengan kontroversi dengan YouTube. Pada 2017, misalnya, YouTube membatalkan acara YouTube Red milik PewDiePie dan menghapusnya dari iklan Google Preferred karena kontennya yang dianggap rasis.
Namun, PewDiePie tampaknya telah ‘bertobat’ dengan kembali berfokus menjadikan akun YouTube-nya untuk konten streaming game. Beberapa bulan terakhir, dia secara rutin menjadikan Minecraft sebagai konten di dalam kanal YouTube-nya yang mendapatkan reaksi yang baik dari para penggemarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan