Pencarian populer

Liga eSports Kampus Pertama di Indonesia Resmi Digelar, Hadiah Rp 1 M

Ilustrasi eSport. (Foto: Athit Perawongmetha/Reuters)

Turnamen eSports kampus pertama di Indonesia resmi digelar mulai awal tahun 2019. Total ada 12 universitas yang berpartisipasi dalam turnamen bertajuk Indonesia eSports League (IEL) University Series 2019 tersebut.

Ke-12 kampus terpilih berhak mengirimkan perwakilannya untuk bertanding di gelaran IEL University Series 2019 season 1. Ada dua cabang game yang diperlombakan di IEL University Series 2019, yaitu 'Dota 2' dan 'Mobile Legends: Bang Bang'.

"Syarat utama untuk memajukan eSports di Tanah Air adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap eSports sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat," ujar Harry Kartono, Chief Operational Officer Mix 360 eSports, selaku penyelenggara turnamen ini, dalam keterangan yang diterima kumparan, Rabu (30/1).

"Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah mempersiapkan calon, atlet eSports, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini," tutur Harry.

(Kiri ke kanan) COO Mix 360 eSports Harry Kartono, CEO Mix 360 eSports Bimo Setiawan, eSports Manager Moonton Indonesia Lius Andre Saputra, CEO meta.us Alan Chou, Regional Manager SEA Niko Partners Tyler Sycamore, dan Global eSports Director Razer David Tse. (Foto: Mix 360 eSports)

Ke-12 universitas yang berpartisipasi dalam turnamen ini adalah sebagai berikut.

1. Universitas Bina Nusantara

2. Universitas Tarumanagara

3. Universitas Trisaksi

4. Universitas Bunda Mulia

5. Universitas Indonesia

6. Universitas Multimedia Nusantara

7. Universitas Kristen Marantha

8. Universitas Dian Nuswantoro

9. Universitas Gadjah Mada

10. Universitas Ciputra Surabaya

11. UPN Veteran Jawa Timur

12. Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas Indonesia (UI). (Foto: Facebook Universitas Indonesia)

12 universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan secara online selama Januari hingga Maret 2019. Kemudian, empat tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019.

Babak final IEL University Series 2019 akan diselenggarakan di LigaGame Arena. Sementara untuk hadiahnya, dipastikan total hadiahnya adalah senilai Rp 1 miliar.

IEL University Series 2019 disiapkan untuk mewadahi generasi muda berbakat mengembangkan kemampuannya, sekaligus menyiapkan jalur regenerasi atlet eSports nasional.

“Kompetisi IEL University Series 2019 ini sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yakni menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat melalui eSports sekaligus mendorong komunitas dan industri eSports di Indonesia. Yang IESPA harapkan dari kompetisi ini adalah kemunculan bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah ke SEA Games tahun ini,” kata Presiden IESPA, Eddy Lim.

Eddy Lim (kanan) (Foto: Facebook/ IeSPA)

IEL University Series 2019 telah mendapatkan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia eSports Association (IESPA).

Selain itu, turnamen eSports ini juga telah mendapatkan pengakuan dari Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), di mana nantinya akan menjadi bagian dari liga universitas resmi di bawah naungan IESPA.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: