kumparan
23 Jan 2019 12:18 WIB

Samsung Galaxy Note 9 Jadi Smartphone Kamera Selfie Terbaik di 2018

Samsung Galaxy Note 9 (Foto: Lucas Jackson/Reuters)
Selfie merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari fungsi sebuah smartphone. Banyak vendor smartphone yang kini berusaha menghadirkan produk dengan kamera selfie terbaik, terutama melihat kebiasaan masyarakat saat ini yang senang berselfie ria.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, situs penilai kualitas kamera tersohor DxOMark mulai memberikan nilai khusus kualitas kamera selfie sebuah smartphone. Sebelumnya, mereka hanya memberikan nilai yang berfokus pada kemampuan keseluruhan kamera, baik kamera belakang maupun depan.
Dari penilaian DxOMark, sejauh ini smartphone yang dianggap memiliki kualitas kamera selfie terbaik adalah Samsung Galaxy Note 9 dan Google Pixel 3. Keduanya diluncurkan pada 2018 lalu dan mendapat nilai yang sama dari DxOMark, yakni 92.
Tapi, Galaxy Note 9 unggul untuk kemampuan kameranya secara menyeluruh dibandingkan Pixel 3 dengan nilai 103, sementara Pixel 3 hanya 101.
Selain kedua smartphone tersebut, di posisi ketiga ada Xiaomi Mi Mix 3 yang meraih skor 84 untuk kualitas kamera selfie-nya, diikuti Apple iPhone XS Max dengan skor 82 di posisi keempat dan skor 81 untuk Samsung Galaxy S9 Plus di posisi kelima.
ADVERTISEMENT
DxOMark memberikan penilaian dengan metode yang objektif melalui berbagai rangkaian pengujian. Ahli foto menganalisis hingga lebih dari 1.500 foto dan 2 jam video yang direkam masing-masing smartphone yang diuji.
Meski Galaxy Note 9 dan Pixel 3 dinobatkan menjadi yang terbaik, tapi ternyata keduanya mendapat skor tersebut dengan alasan yang berbeda.
"Google memberi penekanan pada tekstur dan detail juga menerima sejumlah noise, sementara teknisi Samsung memilih untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan mengorbankan beberapa detail," tulis ulasan DxOMark.
Samsung Galaxy Note 9 (Foto: Jafri Anto/kumparan)
Galaxy Note 9 ditegaskan bagus untuk merekam video, sedangkan Pixel 3 untuk foto.
Dan dari skor ini, kita juga bisa melihat bagaimana sejumlah smartphone memiliki kualitas kamera yang timpang antara depan dan belakang. Huawei Mate 20 Pro misalnya, yang merupakan smartphone dengan kamera belakang terbaik, justru hanya mendapatkan skor 78 untuk kamera selfie-nya.
ADVERTISEMENT
Penilaian berdasarkan tes ini mungkin tidak sesuai pendapatmu. Karena sejatinya hasil foto dari smartphone akan banyak bergantung pada bagaimana si pengguna mengambil foto.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan