Pencarian populer

Terungkap, 8 Tim yang Ikut Liga Mobile Legends MPL Season 4

Trofi juara Mobile Legends Professional League (MPL). Foto: Moonton
Sempat menjadi misteri, akhirnya delapan tim yang akan berlaga di Liga Mobile Legends Profesional atau Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia untuk Season 4 telah terungkap. Nama-nama tim ini sesuai dengan rumor yang telah beredar sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Delapan tim itu adalah juara bertahan ONIC Esports, lalu Aura, Alter Ego, Bigetron Esports, EVOS Esports, Geek Fam Indonesia, Genflix Aerowolf, dan Rex Regum Qeon (RRQ). MPL Season 4 di Indonesia akan dimulai pada 23 Agustus 2019.
Kabar ini terungkap dalam undangan resmi konferensi pers MPL Season 4 pada 23 Juli mendatang yang diterima kumparan. Moonton dalam undangan tersebut menyebutkan secara gamblang delapan tim yang akan berlaga di MPL Season 4.
Tim Mobile Legends ONIC Esports, juara MPL Season 3. Foto: Moonton
Diketahui, babak Grand Final dari MPL Season 4 ini nantinya akan digelar pada 26-27 Oktober 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.
Tapi, ada yang berbeda dengan gelaran MPL kali ini. Moonton, selaku pengembang game Mobile Legends: Bang Bang dan penyelenggara MPL, mulai menerapkan sistem franchise league di musim keempat ini.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, tidak ada lagi sistem kualifikasi seperti musim-musim sebelumnya. Delapan tim yang berpartisipasi wajib membayar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 15 miliar sebagai dana investasi yang dibayarkan sekali untuk memastikan posisi mereka permanen di MPL.
Dalam undangan tersebut, Moonton menjelaskan kelebihan dari model franchise league ini di antaranya adalah memberi pemain stabilitas dan fairness dalam bentuk gaji dan tunjangan, serta menciptakan aliran pendapatan baru yang akan dibagi ke tim-tim partisipan. Aliran pendapatan ini dalam bentuk kesepakatan hak siar media, sponsor, dan monetisasi in-game.
Meski begitu, penerapan sistem franchise ini menimbulkan pro dan kontra. Ada pihak yang tidak setuju dengan adanya aturan membayar Rp 15 miliar tersebut, yaitu runner-up musim sebelumnya, Louvre Esports, yang dipastikan tidak ikut berpartisipasi di MPL Season 4.
ADVERTISEMENT
Moonton sendiri mengaku akan memberikan penjelasan terkait sistem franchise ini dan masa depan MPL dalam konferensi pers pada 23 Juli tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80