kumparan
12 Des 2018 11:18 WIB

Tokopedia Raih Investasi Baru Rp 16 Triliun dari SoftBank dan Alibaba

Perusahaan E-commerce anggota idEA, Tokopedia. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Situs e-commerce Tokopedia kembali mendapatkan investasi baru sebesar 1,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 16 triliun. Pendanaan kali ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group, dengan partisipasi Softbank Ventures Korea serta beberapa investor Tokopedia sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tokopedia berencana menggunakan tambahan dana tersebut untuk investasi dalam teknologi dan infrastruktur di Indonesia guna mendukung ekosistem perdagangan, logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan Tokopedia. Dengan begitu, perusahaan bisa memberdaya jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.
CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya berkata, investasi ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistemnya. Tidak hanya itu, pendanaan baru ini juga bisa mengakselerasi terwujudnya misi besar mereka untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.
“Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," ujar William dalam siaran pers yang diterima kumparan, Rabu (12/12).
CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. (Foto: Tokopedia)
Sementara Lydia Jeff, selaku Senior Investor SoftBank Investment Advisers dan juga Anggota Dewan Tokopedia, mengatakan Tokopedia berada dalam posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat di Indonesia. Itu sebabnya mereka mendukung dan percaya pertumbuhan Tokopedia akan terus berlanjut.
ADVERTISEMENT
"Sejak didirikan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara. Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia," ucap Lydia.
Di lain pihak, Alibaba Group sangat antusias dalam mempererat hubungannya dengan Tokopedia. Dukungan dari mereka diharapkan bisa membantu misi Tokopedia memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia.
"Kami melihat misi perusahaan kami -memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja- tercermin dalam perjalanan Tokopedia," ungkap Kenny Ho, Head of Investment Alibaba Group Asia Tenggara dan India.
SoftBank (Foto: REUTERS/Toru Hanai/)
Tokopedia saat ini sudah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Pada 2018, gross merchandise value (GMV) Tokopedia telah meningkat hingga empat kali lipat.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Tokopedia telah mengumpulkan dana investasi baru sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,6 juta pada November 2018 lalu. Suntikan dana tersebut dilaporkan Bloomberg berasal dari dari sejumlah investor, salah satunya SoftBank.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·