Pencarian populer

Jadi Kota Festival Terbaik, Banyuwangi Rilis 99 Event Sepanjang 2019

com-Gunung Ijen (Foto: Pemkab Banyuwangi)

Kementerian Pariwisata bersama Bupati Banyuwangi baru saja merilis Calender of Event Banyuwangi, yaitu 'Majestic Banyuwangi 2019'. Nantinya, sepanjang 2019 Banyuwangi akan menampilkan 99 event dan Top 3 event, yang masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, menuturkan bahwa event ini sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik di Indonesia.

"Majestic Banyuwangi Festival 2019 ini ibarat rangkuman bagi segenap potensi yang ada di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari seni budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakat. Event ini juga sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival yang terkenal di Indonesia, karena keberhasilannya dalam menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival," terang Azwar Anas, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparanTRAVEL.

Adapun Top 3 event yang masuk dalam 100 Events Wonderful Indonesia, adalah Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu. "Penampilan 99 event selama satu tahun penuh di Banyuwangi ini terdiri atas 29 event sport, 17 event musik, 16 event culinary & inovasi, dan 30 event religi," tutur Azwar Anas.

Penari Perempuan Gandrung Sewu, Banyuwangi (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)

Selain itu, Pemerintah Banyuwangi juga akan merilis delapan event digital dan milenial, seperti Festival Juragan Pintar. Nantinya, Festival Juragan Pintar menghadirkan startup Warung Pintar, di mana warung ini akan dikawinkan dengan teknologi dalam pengelolaannya, sehingga memberikan kemudahan bagi pemilik warung, serta kenyamanan bagi pelanggannya. Teknologi ini juga bisa digunakan sebagai alat promosi pariwisata di Indonesia berbasis digital.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Banyuwangi yang aktif mengemas event pariwisata, sehingga sehingga setiap tahun jumlah dan kualitasnya semakin meningkat. Banyuwangi pada tahun 2018 lalu ditetapkan sebagai kota festival terbaik, karena pertumbuhan event yang sangat pesat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

"Tahun 2012 Banyuwangi baru memiliki 12 event, tahun 2018 melonjak 75 event, dan tahun ini menjadi 99 event. Semua event ini melibatkan seluruh potensi masyarakat Banyuwangi," ujar Arief Yahya.

Tak hanya festival, Banyuwangi juga selama ini dikenal memiliki daya tarik wisata alam kelas dunia, seperti Kawaj Ijen yang populer dengan blue fire-nya, Taman Nasional Baluran, dan pantai G-Land yang banyak diminati wisatawan mancanegara.

Tertarik menyaksikan festival di Banyuwangi?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32