Pencarian populer

Kota di India Berhasil Pecahkan Rekor Dunia Lewat Festival Diwali

Festival Diwali di Ayodhya, India Utara. (Foto: REUTERS/Henry Nicholls)

Sebuah kota di kawasan India utara bernama Ayodhya berhasil mencetak rekor dunia lewat display lampu minyak yang dinyalakan saat Festival Diwali. Dilansir Travel and Leisure, Kota Ayodhya berhasil menyalakan lebih dari 300 ribu lampu minyak secara bersamaan untuk menerangi kotanya sebagai bentuk perayaan atas Festival Diwali.

Guinness World of Records mencatat sebanyak 301.152 diyas (lampu dari tanah liat) dinyalakan selama 45 menit di tepi sungai Saryu sebagai bagian dari festival cahaya tahunan itu.

Festival Diwali atau yang dikenal juga sebagai Deepavali adalah salah satu festival yang dinanti oleh seluruh umat Hindu, terutama di India. Sebab, Festival Diwali yang berarti Festival Cahaya merupakan perayaan untuk memperingati kemenangan cahaya yang melambangkan kebaikan dari kegelapan atau kejahatan.

Di India, Festival Diwali menjadi salah satu hari libur paling penting dan festival yang dinanti, selain festival warna Holi. Sebab, Festival Diwali dirayakan oleh umat Hindu dari kalangan Sikh dan Jain.

Festival Diwali tak hanya dirayakan di India saja, tapi juga di negara-negara lainnya. Inggris misalnya, walau masyakarat India menjadi penduduk minoritas kedua di negaranya, perayaan Diwali di Inggris menjadi yang terbesar di antara negara asing di luar India lainnya.

Festival Diwali di Ayodhya, India Utara. (Foto: REUTERS/Pawan Kumar)

Untuk menciptakan rekor dunia ini, Ayodhya menggunakan bantuan dari kurang lebih 5 ribu relawan untuk menyalakan dan menjaga diyas tetap menyala. Pasalnya, tahun 2018 bukanlah tahun pertama Ayodhya berusaha memecahkan rekor dunia lewat Festival Diwali.

Salah seorang relawan mengatakan pada Associated Press, bahwa tahun 2017 lalu Ayodhya gagal mendapatkan gelar dari Guinness World of Record, karena kondisi cuaca yang berangin.

"Tahun lalu, kami gagal hanya karena sedikit kesalahan, tapi kali ini kami memastikan bahwa semua lampu menyala. Kali ini, kami sering menuangkan minyak untuk menjaga agar lampu tetap menyala dan menggunakan sprei untuk menahan angin," katanya.

Kota Ayodhya dapatkan rekor dunia dengan 300 ribu lampu (Foto: Reuters/Pawan Kumar)

Acara pemecahan rekor di Ayodhya dihadiri oleh Yogi Adityanath, Kepala Menteri Negara Bagian Uttar Pradesh, Kim Jung-sook, Ibu Negara Korea Selatan, dan para seniman.

Kehadiran ibu negara dari presiden Korea Selatan Moon Jae In itu bukanlah tanpa alasan. Ia menyempatkan hadir di sela-sela kunjungannya bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Kunjungannya tersebut dinilai memiliki keterkaitan dengan sebuah legenda Korea Selatan yang menceritakan bahwa seorang putri dari Ayodhya pergi ke Korea dan menikahi seorang raja. Putri tersebut kemudian menjadi Ratu Korea pada tahun 48 Masehi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38