kumparan
6 Apr 2018 14:26 WIB

Mau Jalan-jalan Dibayarin? Berikut Tips dari Dendy Selmaeza

Dendy Selmaeza (Foto: Dendy Selmaeza)
Jalan-jalan, siapa yang tak suka dengan traveling? Melepas penat sambil menikmati keindahan alam suatu daerah atau negara, seakan menjadi penawar stres bagi orang-orang yang sibuk bekerja.
ADVERTISEMENT
Namun, meskipun suka dengan kegiatan tersebut, kadang ada saja hal yang membuat traveling ataupun jalan-jalan menjadi susah untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja.
Hal inilah kadang yang menjadi alasan banyak traveler yang akhirnya banting stir menjadi seorang travel blogger. Perkembangan media sosial juga turut andil menghadirkan pekerjaan baru ini. Oleh karena itu, tak heran pekerjaan seperti travel blogger sering dimanfaatkan oleh brand-brand terkenal untuk memasarkan produknya.
Loading Instagram...
Dendy Selmaeza, solo backpacker sekaligus travel blogger yang terkenal dengan akun Instagram @baratdaya_ mengungkapkan, bahwa saat ini travel influencer atau travel blogger bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Bukan hanya karena bekerja sambil jalan-jalan, tapi juga bisa memberikannya kesempatan untuk jalan-jalan gratis. Ia sendiri pernah mendapatkan kesempatan berlibur selama setahun tanpa bayar biaya perjalanan tersebut
ADVERTISEMENT
"Semua orang bisa dapat kesempatan itu, gue sendiri bahkan dapat kesempatan itu waktu followers gue belum sampe 10 ribu," tuturnya ketika ditemui oleh kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu.
Meski begitu, ia menuturkan bahwa get paid tidak seharusnya jadi tujuan awal. "Anggap get paid itu bonus, jadi kamu bisa punya karya," tambahnya lagi.
Dan, bagi kamu yang ingin 'jalan-jalan gratis', Dendy memiliki beberapa tips yang bisa kamu ditiru. Apa saja:
1. Temukan Hal Unikmu
Untuk dapat kesempatan ini, kamu harus punya keunikan tersendiri yang bisa membuat orang lain 'sadar' ketika mendengar nama kamu. Bisa dalam bentuk foto, feed, atau caption yang menarik.
Dendy sendiri berhasil mengkombinasikan foto yang bagus dengan caption yang menarik. Seperti ciri khas dalam fotonya berupa jaket kuning, kompas, atau topi lebar dan ditemani oleh cerita atau sajak di setiap unggahannya.
Dendy Selmaeza (Foto: Dendy Selmaeza)
2. Konsisten
ADVERTISEMENT
Setelah menemukan nilai unik dari postingan Instagrammu, kamu harus konsisten dengan ciri tersebut. "Konsisten, konsisten dengan apa yang kamu kerjakan," tutur Dendy.
3. Bergaul dengan Komunitas Sejenis
Jalinlah pertemanan dengan komunitas yang memiliki minat yang sama. Karena Dendy lebih banyak 'bergelut' di Instagram dan berfokus pada alam, maka ia berteman dengan komunitas pecinta alam.
"Mostly sih, karena gue bergelut di Instagram yang interestnya sama fotografi, jadi komunitasnya adalah Instagrammers, contohnya Iggers Community di Bandung. Kalau di Padang, gue dibantu MAPALA Universitas Andalas," tutup Dendy.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan