Pencarian populer

Mengujungi Museum yang Jadi Saksi Kembalinya Macau ke Pelukan China

Handover Gifts Museum of Macau Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Ada banyak hal yang bisa kamu temukan saat berlibur ke Macau. Misalnya saja pusat hiburan yang bisa kamu temukan hampir di setiap sudut Macau.
ADVERTISEMENT
Namun, terlepas dari banyaknya pusat hiburan yang bisa buat kamu terlena, negara bekas jajahan Portugis ini nyatanya memiliki sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Nah, salah satu tempat untuk menelusuri sejarah Macau adalah Handover Gift Museum of Macau.
Salah satu benda koleksi yang ada di museum Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Museum yang terletak di Xian Xing Hai Avenue ini berada tak jauh dari Macau Museum of Art in Avenida Xian Xing Hai (N.A.P.E.). Lokasinya merupakan tempat yang sama seperti ketika digunakan pada acara seremoni bersejarah penyerahan kembalinya Macau kepada China pada 20 Desember 1999. Untuk merayakan terbentuknya Macau Special Administrative Region, tempat seremoni ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari Macau Cultural Centre.
Beberapa waktu lalu, kumparan berkesempatan untuk mengunjungi Handover Gift Museum of Macau atas undangan Hong Kong Tourism. Handover Gift Museum of Macau sendiri terdiri dari tiga lantai, di mana lantai pertama merupakan pusat informasi dan administrasi.
Salah satu benda koleksi yang ada di museum Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Kemudian, di lantai dua merupakan tempat dipajangnya 56 hadiah dari berbagai negara bagian Republik Rakyat China, provinsi, kota, kelompok etnis, daerah otonomi khusus termasuk Hong Kong Special Administrative Region, untuk merayakan kembalinya Macau ke China. Di lantai ini juga terdapat berbagai koleksi benda-benda bersejarah mulai dari guci dengan beragam ukiran, miniatur pagoda, patung, hingga beragam lukisan.
ADVERTISEMENT
Salah satu koleksi yang menarik misalnya Hadiah Heibei sebuah kerawang buatan tangan, dihiasi dengan batu dan logam mulia berbentuk sembilan singa emas (untuk menandakan tahun 1999) dan sebuah bola di tengahnya yang mewakili ibu kota China. Sementara Liaoning dengan ukiran batu giok menggambarkan sembilan singa, sembilan bunga mekar, dan kelinci untuk menghormati Tahun Kelinci 1999.
Handover Gifts Museum of Macau Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Lalu lantai tiga merupakan auditorium yang difungsikan untuk mengadakan berbagai acara atau pagelaran budaya dan sejarah.
Ke depannya, Handover Gift Museum of Macau tidak hanya akan menjadi tempat pameran hadiah, tetapi juga menjadi sarana mengadakan berbagai pertunjukan dan pagelaran untuk memperkenalkan pengembangan kebudayaan lokal.
Handover Gifts Museum of Macau Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Jika tertarik berkunjung, Handover Gift Museum of Macau buka setiap hari, kecuali hari Senin. Museum ini buka mulai pukul 10.00 - 19.00 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir akan biaya tiket masuknya, karena kamu bisa masuk ke museum ini gratis. Namun, kamu harus datang 30 menit lebih awal untuk memesan tiket terlebih dahulu.
Ingin berkunjung ke Handover Gift Museum of Macau?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81