Pencarian populer

Sanjuro, Kucing Lucu di Kastil Jepang yang Sukses Curi Hati Wisatawan

Kuil Bitchu Matsuyama di Takahshi, Jepang Foto: Flickr/bethom33

Siapa yang tak suka kucing? Hewan berbulu nan menggemaskan ini memang bisa membuat para pecintanya tergila-gila.

Walau kadang suka berjalan dengan angkuh, kucing seringkali membuat gerak-gerik yang bikin orang lain tertawa terpingkal-pingkal karena ulahnya. Sehingga tak jarang, ada saja yang mencarinya, walau hanya untuk bertemu sejenak.

Seperti yang terjadi di Jepang, tepatnya di Kuil Bitchu Matsuyama di Takahashi, Prefektur Okayama. Di kuil ini, kamu akan menemukan seekor kucing berusia sekitar tiga atau empat tahun dengan bulu putih dan cokelat.

Loading Instagram...

Kucing lucu bernama Sanjuro itu dikenal sangat ramah pada pengunjug kuil. Ia senang menggosok-gosokkan kepalanya ke kaki pengungjung dan duduk di sekitar mereka. Ia juga tak pernah marah apabila disentuh oleh pengunjung kuil.

Ia akan menanggapinya dengan sopan dan diam sambil mengeluarkan suara dengkuran khasnya. Karena sikapnya yang menggemaskan tersebut, Sanjuro kian terkenal di kalangan wisatawan pecinta kucing di Jepang.

Video

Orang-orang menceritakannya dari mulut ke mulut, serta mengunggah fotonya di media sosial. Alhasil, Kuil Bitchu Matsuyama semakin sering didatangi oleh pengunjung yang ingin sekadar bertemu langsung dengan Sanjuro, atau yang juga secara khusus ingin beribadah dan menikmati kuilnya.

Menurut asosiasi wisata, jumlah pengunjung di Kuil Bitchu Matsuyama mengalami penurunan sekitar 20 persen pada bulan Juli 2018 akibat hujan lebat.

Kuil Bitchu Matsuyama di Takahshi, Jepang Foto: Flickr/bethom33

Namun, setelah kehadiran Sanjuro, pada bulan Februari 2019, jumlah pengunjung meningkat sekitar 40 persen dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya dengan jumlah wisatawan lebih dari 4 ribu orang.

Oleh sebab itu, Sanjuro si kucing dianggap memiliki kontribusi pada pemulihan tingkat pariwisata kuil setelah bencana alam yang menerpa Jepang barat pada tahun 2018.

Nama Sanjuro berarti 'kastil di langit'. Ia dipercaya dapat memberikan tanda-tanda kehidupan pada manusia. Sehingga wajar saja, kini Sanjuro sering kali ditampilkan di toko-toko dan berbagai jenis bisnis industri wisata lainnya.

Kuil Bitchu Matsuyama di Takahshi, Jepang Foto: Flickr/bethom33

Kata Sanjuro yang disematkan sebagai nama kucing yang ramah dan menggemaskan itu diberikan oleh pihak asosiasi wisata. Seperti yang diberitakan oleh Asiaone, asosiasi wisata memberikan nama Sanjuro sebagai penghormatan mereka pada Tani Sanjuro.

Tani Sanjuro adalah seorang prajurit samurai dari klan Bitchu Matsuyama yang bertugas sebagai kapten pasukan Shinsegumi. Yang dikenal pula sebagai pasukan samurai pada tahun-tahun terakhir periode Edo (1603-1867).

Loading Instagram...

Tak sampai di situ saja, asosiasi wisata bahkan menetapkan satu hari spesial untuk kucing yang satu ini, yaitu tanggal 16 Maret. 16 Maret dipilih karena memiliki nama yang sesuai dengan kata Sanjuro, yaitu 3 (san), 10 (ju), dan 6 (roku). Setiap tanggal 16 Maret, pihak asosiasi wisata dan kuil mengadakan sebuah acara.

Salah seorang pejabat Asosiasi Pariwisata Kota Takahashi mengatakan bahwa mereka akan kembali menghidupkan seluruh kota dengan 'sentuhan' Sanjuro. Mereka memproduksi suvenir resmi yang berhias foto Sanjuro di dalamnya, seperti gantungan kunci, katu pos, dan stempel digital dalam aplikasi LINE.

Loading Instagram...

Sanjuro dulu dikenal sebagai seekor kucing liar. Perawakannya yang kurus saat ditemukan pembersih kuil Ryoichi Motohara pada 21 Juli 2018 membuat ia terlihat seperti kucing yang telah ditinggalkan.

Padahal sebenarnya, Sanjuro adalah kucing milik Megumi Nanba (40) yang tinggal sekitar enam kilometer dari kuil. Sanjuro dilaporkan kabur dari rumah pada 21 Juli 2018. Megumi selaku pemilknya telah berusaha mencari, tetapi tidak mendapatkannya sama sekali.

Loading Instagram...

Pada akhirnya Oktober 2018 lalu, Megumi mendengar kabar viralnya Sanjuro dari pemberitaan di media sosial. Awalnya Megumi ingin mengajak Sanjuro untuk pulang, tapi setelah ia berdiskusi dengan keluarganya, Megumi menyadari bahwa Sanjuro akan lebih baik jika tinggal di kuil.

"Saya benar-benar lega saat tahu Sanjuro masih hidup. Kalau memang dia lebih suka tinggal di kastil, maka ia memang lebih baik tinggal di sana sesuai keinginannya," tutup Megumi.

Gimana dengamu, ingin melihat kucing ini langsung di kuil Bitchu Matsuyama, Jepang?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60