kumparan
22 Sep 2019 18:03 WIB

Manfaat Minyak Kelapa untuk Merawat Bulu Mata

Merawat bulu mata dengan minyak kelapa. Foto: Shutterstock
Minyak kelapa memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Namun tak hanya itu, ternyata, minyak kelapa juga bisa dipakai untuk merawat dan melindungi bulu mata.
ADVERTISEMENT
Pada rambut, minyak kelapa berfungsi untuk mengikat protein rambut agar tidak mudah luruh saat keramas. Sedangkan pada bulu mata, minyak ini berfungsi untuk melindungi bulu mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sabun pencuci muka dan eye makeup remover.
Selain itu, kandungan asam lemak pada minyak kelapa juga memiliki formula anti-microbial dan anti jamur yang dapat melindungi bulu mata dari infeksi jamur, serta bakteri yang disebabkan oleh organisme mikroba alami.
Kandungan asam lemak seperti lauric acids yang ada pada minyak kelapa, membuat minyak ini mudah meresap ke dalam helaian rambut dan bulu mata. Sehingga, bisa membuat bulu mata menjadi lebih kuat.
Kemampuan minyak kelapa dalam melembapkan helaian rambut bulu mata, juga dapat mencegah kerontokan. Sehingga, bisa membuat bulu mata tampak lebih tebal.
ADVERTISEMENT
Cara penggunaan minyak kelapa pada bulu mata
Minyak kelapa. Foto: Shutterstock
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menggunakan minyak kelapa dalam merawat dan melindungi bulu mata.
Bagi yang gemar melakukan perawatan sendiri di rumah, Anda juga bisa memanfaatkan virgin coconut oil atau minyak kelapa asli, yang dapat langsung dioleskan ke bulu mata menggunakan spoolie, sikat khusus bulu mata seperti yang biasa digunakan pada maskara atau serum bulu mata.
Anda bisa juga langsung menggunakan jari, caranya sangat mudah. Teteskan minyak kelapa pada jari telunjuk, lalu ratakan minyaknya menggunakan jempol sebelum akhirnya dioleskan pada helaian bulu mata.
Sebagai alternatif yang lebih mudah, Anda juga bisa mengandalkan produk perawatan bulu mata seperti serum dengan kandungan minyak kelapa tinggi.
ADVERTISEMENT
Setiap akan menggunakan serum atau minyak kelapa asli pada bulu mata, pastikan wajah Anda sudah bersih dari makeup agar formulanya bisa meresap dan bekerja secara baik.
Ilustrasi perempuan. Foto: Shutterstock
Gunakan minyak kelapa atau serum bulu mata setiap hari di pagi dan malam sebelum tidur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Tak hanya mengandalkan minyak kelapa atau serum, perawatan bulu mata juga bisa dilakukan dari pemilihan produk makeup yang digunakan.
Menurut Makeup Artist Philip Kwok, sebagai perempuan kita harus rajin melihat kandungan yang ada pada makeup yang kita gunakan. Dalam hal ini, berarti kita harus jeli dalam memilih maskara.
“Pilihlah maskara dengan kandungan yang ringan dan mudah dibersihkan dengan eye makeup remover. Karena terkadang ada maskara waterproof yang masih sulit dibersihkan, meski sudah menggunakan pembersih yang mengandung minyak," ungkap Philip Kwok saat ditemui kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
"Akibatnya, kita akan cenderung membersihkan dan mengusap bulu mata berkali-kali ,yang sebenarnya justru bisa membuat bulu mata jadi rusak,” lanjutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan