Otomotif
·
19 Juli 2021 12:19
·
waktu baca 2 menit

Ketika Land Rover Defender Disuntik Motor Listrik Tesla

Konten ini diproduksi oleh AUTOBUZZ
Ketika Land Rover Defender Disuntik Motor Listrik Tesla (33121)
searchPerbesar
Duo Defender yang memiliki tenaga listrik dari Tesla. Foto: carwow/YouTube
Mobil disuntik dengan tenaga listrik bukanlah hal yang baru lagi. Kebanyakan mobil klasik disuntik dengan tenaga listrik agar mobil tersebut tidak ketinggalan jaman, seperti Land Rover Defender klasik ini. Uniknya, kedua Defender tersebut disuntik bukan dengan baterai dan motor biasa, melainkan dari Tesla.
ADVERTISEMENT
Duo Defender ini diubah menjadi listrk dengan memasang motor listrik tepat di tengah mobil. Sedangkan, paket baterainya diambil langsung dari Tesla Model S 100D dan terletak tepat di bawah kap dan juga di bagasi. Karena baterainya, kedua mobil ini memiliki berat yang sama seperti mobil yang menggunakan bahan bakar diesel.
Ketika Land Rover Defender Disuntik Motor Listrik Tesla (33122)
searchPerbesar
Spectre Defender listrik ketika dibawa off-road. Foto: carwow/YouTube
Kedua mobil tersebut merupakan 2010 ‘Spectre’ Defender dan ‘Doris’ Defender yang merupakan Defender tahun 1996. Keduanya memiliki tenaga output yang sama, yaitu 450 dk dan 450 Nm torsi.
Spectre Defender merupakan mobil dari film James Bond, Spectre (2015). Mobil tersebut memiliki tambahan seperti derekan pada bagian depannya, bull bar, bodi yang lebar dan roll cage. Bagian dalamnya sangat modern dan kursi yang dilapisi dengan kulit dan ruang untuk lima penumpang. Karena dikonversi menjadi listrik, bagian depannya tidak ada persneling. Mobil ini dibanderol 150,000 Pound Sterling atau sekitar Rp 3 miliar. Dengan berat 2,600 kg dan mampu menempuh jarak hingga 240 km.
Ketika Land Rover Defender Disuntik Motor Listrik Tesla (33123)
searchPerbesar
Doris Defender ketika dibawa off-road. Foto: carwow/YouTube
Sedangkan Doris Defender memiliki tampilan yang minimalis dengan lampu depan yang diubah serta bumper aluminium yang juga dimodifikasi. Mobil ini bisa diisi ulang menggunakan pengisi daya AC dan DC pada bagian yang dulunya sebagai air intake. Doris memiliki berat 2,000 kg dan mampu menempuh jarak hingga 320 km. Doris dibanderol 125,000 Pound Sterling atau sekitar Rp 2.5 miliar.
ADVERTISEMENT
Dalam video yang diunggah oleh carwow, sang presenter, Matt Watson berkomentar bahwa mobil yang sudah disuntik listrik ini menjadi lebih mudah dan tidak terlalu stress ketika dibawa off-road. Selain itu, sistem listrik Tesla sudah memiliki anti air sehingga memudahkan para Defender ini untuk menerjang rintangan air tanpa masalah.