Pekan Olahraga Masyarakat Indonesia di Jepang Kembali Diadakan

Abdul Basith Fithroni
Apoteker, Mahasiswa di Okayama University, fans AC Milan dan Man United, bisa saling terhubung di twitter @abdulbf
Konten dari Pengguna
17 September 2023 13:12 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Abdul Basith Fithroni tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Suasana upacara pembukaan PORMAS Kansai 2023 di Okayama (dokumentasi pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana upacara pembukaan PORMAS Kansai 2023 di Okayama (dokumentasi pribadi)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi COVID-19 yang melanda dalam rentang 2020 – 2022 telah banyak mengubah pola interaksi masyarakat dari yang sering berinteraksi tatap muka menjadi interaksi secara daring. Bagi para diaspora hal ini secara tidak langsung mempengaruhi jumlah interaksi dengan sesama WNI yang berada di perantauan. Berakhirnya pandemi COVID-19 telah membuat aktivitas masyarakat secara tatap muka bergeliat kembali.
ADVERTISEMENT
Menyambut geliat aktivitas para diaspora Indonesia di Jepang, khususnya yang ada di wilayah Kansai, pekan olahraga masyarakat (PORMAS) Kansai 2023 kembali diadakan dengan Okayama sebagai tuan rumah pada Sabtu, 9 September 2023 di Gymnasium Okayama University yang bertepatan dengan hari olahraga nasional. Perhimpunan Pelajar Indonesia Okayama (PPI Okayama) bersama dengan Keluarga Muslim Indonesia Okayama (KMI Okayama) dan Baraya Viking Japan Okayama (BVJ Okayama) dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan ini.
Terakhir kali PORMAS Kansai diadakan pada tahun 2019 di prefektur Hyogo. Setelah itu, pandemi membuat penyelenggaraan PORMAS Kansai secara langsung terhenti. Rentang waktu empat tahun yang setara dengan jarak antara satu piala dunia membuat penlenggaraan PORMAS Kansai ini disambut gegap gempita oleh para diaspora Indonesia di bawah wilayah KJRI Osaka. Tercatat sekitar 250 orang dari 13 kontingen yang terdiri dari KJRI Osaka, PPI Osaka-Nara, PPI Kobe, PPI Okayama, PPI Shimane-Tottori, Kaigo (Perawat) Kansai, Trainee (pekerja magang) Shiga, Trainee Osaka, Trainee Okayama, Trainee Hiroshima, Trainee Kagawa, Trainee Kochi, dan Trainee Tottori.
ADVERTISEMENT
Serunya pertandingan voli di PORMAS Kansai di Okayama (dokumentasi pribadi)
PORMAS Kansai kali ini mempertandingkan beberapa cabang olahraga dan perlombaan, antara lain basket, voli, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan dan kuis. Pertandingan di setiap cabang berlangsung dengan penuh rasa persaudaraan dan diselingi dengan canda tawa meskipun tetap berlangsung sengit, seperti pada cabang olahraga voli dan bulutangkis putra yang pada babak final juara ditentukan sampai deuce. Menariknya, Ibu Konsul Jenderal, Diana Emilla Sari Sutikno, juga turut serta sebagai atlet dengan turun dalam cabang tenis meja ganda putri dan mendapatkan juara 1. PORMAS Kansai kali ini menghasilkan PPI Osaka-Nara sebagai juara umum 1 dengan 2 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Sementara, KJRI Osaka dan PPI Okayama menempati juara umum 2 dan juara umum 3.
ADVERTISEMENT
Ketua pelaksana PORMAS Kansai 2023, Muhammad Bisri Musthafa mengungkapkan rasa senangnya karena bisa kembali mengadakan PORMAS Kansai setelah pandemi COVID-19 dan mengadakan kembali PORMAS di Okayama setelah terkahir kali menjadi tuan rumah pada tahun 2017 lalu. Sementara ketua PPI Okayama, Abdul Basith Fithroni berujar “PORMAS kali ini mengangkat tema recover in harmony, semoga dengan diadakannya PORMAS pasca pandemi ini bisa mempererat hubungan antara warga negara Indonesia di Jepang”. Dari pihak Okayama University yang diwakili oleh Director of Center for Student Support and Development, Shinya Sakairi mengungkapkan dukungannya dan rasa senangnya bisa mendukung kegiatan pelajar Indonesia di Okayama, khususya dan para diaspora Indonesia di Jepang, umumnya.
Penyerahan hadiah kepada para juara umum PORMAS Kansai 2023 (dokumentasi pribadi)
Dalam kesempatan ini Konsuler Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Osaka, A.A. Ngurah Andy Laksmana berujar “Jadikan PORMAS ini sebagai ajang yang mengedepankan sportivitas dan menjadi sarana saling mengenal dan membina kerukunan antar WNI di Jepang”. Pernyataan senada juga dilontarkan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Diana Emilla Sari Sutikno yang menyatakan agar semua bisa bertanding dengan penuh kegembiraan dan sarana mempererat simpul masyarakat Indonesia yang ada di Jepang. Selain itu, beliau juga menyampaikan apresiasi kepada PPI di Jepang yang aktif membina kerukunan antar WNI dan warga setempat.
ADVERTISEMENT