kumparan
26 Agustus 2019 0:06

Kloter Pertama Jemaah Haji Aceh Tiba di Madinah untuk Ibadah Arbain

Masjid Nabawi di pusat Kota Madinah, Arab Saudi. Foto: Suparta/acehkini
Jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1-BTJ tiba di Madinah, Minggu (25/8). Bus rombongan pertama tiba sekitar pukul 16.15 Waktu Arab Saudi (WAS).
ADVERTISEMENT
Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, M Daud Pakeh, menyebutkan ketibaan para jemaah disambut PPIH Arab Saudi dan berikutnya dilakukan pembagian kamar hotel yang terletak di sektor 5 tidak jauh dari Masjid Nabawi.
"Alhamdulillah, 392 jemaah haji Aceh kloter 1 telah tiba di Madinatul Munawwarah. Jemaah tersebut akan berada di Madinah lebih kurang 8 hari, sebelum kembali ke Tanah Air," ujar Daud di Banda Aceh usai menerima informasi dari petugas haji Kloter 1 di Madinah, dokter Aditya, Minggu (25/8).
Di Madinah, kata Daud, jemaah akan melaksanakan ibadah Arbain, yaitu salat berjemaah di Masjid Nabawi dan juga ziarah ke beberapa tempat bersejarah yang ada di sana.
Lebih lanjut, ia menambahkan, khusus bagi jamaah berisiko tinggi (risti) atau usia lanjut, agar tidak mengejar ibadah Arbain kalau berisiko bagi kesehatan jemaah.
ADVERTISEMENT
"Untuk layanan makanan selama di Madinah, jemaah akan mendapatkan layanan makan paling banyak 18 kali. Makan siang disediakan antara pukul 10.00 hingga 13.00 WAS dan makan malam antara pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WAS disertai makanan ringan (snack) atau roti untuk pagi," sebut Daud Pakeh.
Reporter: Husaini
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan