Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.86.0
Konten dari Pengguna
Namaku Alam: Trauma dan Stigma Anak Eks Tapol dalam Perspektif Psikologi Sastra
18 Maret 2024 8:25 WIB
·
waktu baca 4 menitTulisan dari Gusti Manda tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Setelah meraup sukses dengan novel Pulang dan Laut Bercerita, Leila S. Chudori kembali menghadirkan sebuah novel terbaru sebagai spin-off dari novel Pulang yang berjudul Namaku Alam. Terbit pada September 2023 dibawah naungan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), novel tersebut terhitung sudah cetak ulang yang ke-3. Tentu hal tersebut tak lepas dari antusiasme para penggemar dan bukti bahwa novel karangan penulis kelahiran Jakarta, 12 Desember 1962 itu memang selalu laris.
ADVERTISEMENT
Saya ingat, pertama kalinya membaca karya milik Bu Leila adalah Laut Bercerita. Pada saat itu, sebelum Twitter berganti nama menjadi X, saya seringkali melihat di akun menfess (mention confess), cuitan yang seringkali bermunculan adalah ulasan singkat novel Laut Bercerita. Komentar yang dipenuhi pada cuitan tersebut merekomendasikan untuk membaca novel itu. Saking seringnya saya melihat cuitan serupa, tergugahlah rasa penasaran saya. Berbekal rasa penasaran yang sudah meluap, saya memutuskan untuk membeli novel Laut Bercerita melalui aplikasi belanja online.
Ketika saya membaca novel Laut Bercerita, saya jadi paham mengapa banyak cuitan di X merekomendasikan novel itu. Berangkat dari peristiwa penculikan aktivis 1997-1998, sang penulis mengaku bahwa untuk menulis novel tersebut, ia melakukan riset selama bertahun-tahun, terutama dengan keluarga korban maupun ex-aktivis yang ‘kembali’. Salah satu narasumbernya adalah Nezar Patria, ex-aktivis 1998 yang pada saat diculik sedang berada di rusun tempat tinggalnya di Klender, Jakarta Timur.
Dari pengalaman membaca Laut Bercerita itulah, saya mulai berkenalan dengan karya Leila yang lain, salah satunya yang terbaru yakni novel Namaku Alam. Novel tersebut menghadirkan tema yang sebetulnya tidak jauh berbeda dengan novel Pulang, hanya saja fokus Namaku Alam ada pada keluarga Hananto Prawiro, terutama pada anak bungsunya yang bernama Segara Alam.
Alam, panggilan akrabnya, sebetulnya memiliki keistimewaan yang pada saat itu (juga di masa sekarang) begitu keren. Ia memiliki ingatan fotografi yang membuatnya mengingat segala sesuatu dengan detail hanya dengan sekali lihat atau mengamatinya. Namun baginya, ingatan fotografi adalah kutukan. Sebab, ia tidak bisa melupakan peristiwa saat ditodong pistol oleh gerombolan yang mencari Bapaknya ketika ia masih berusia 3 tahun.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Selain kutipan di atas, juga terdapat kutipan lain yang mendukung stigma negatif kepada sang tokoh utama, Segara Alam.
Sebagai mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, apa yang terjadi oleh Alam dapat dikaji melalui pendekatan Psikologi Sastra, bahwa di dalam sebuah karya sastra, terutama novel, seringkali tokoh atau pemerannya memiliki trauma yang muncul sedari kecil atau peristiwa menyedihkan yang telah terjadi di dalam hidupnya.
Tokoh Alam dalam novel Namaku Alam adalah representasi psikologi tokoh yang memiliki mental issue berupa trauma akibat stigma negatif yang muncul dari peristiwa yang dialami oleh bapaknya dan akhirnya menyeretnya, ibunya, serta kedua kakaknya memasuki keadaan yang tidak mudah. Sang penulis sendiri, Leila S. Chudori, dalam sudut pandang psikologi pengarang adalah seseorang yang pernah melewati peristiwa tahun 65 dan memiliki koneksi yang pernah berhubungan dalam tragedi itu.
ADVERTISEMENT
Terakhir, sebagai seorang pembaca, saya turut bersimpati terhadap trauma dan stigma negatif yang dialami oleh tokoh Alam. Di sisi lain, secara tidak langsung, saya seakan 'diajak' untuk merasakan keadaan pada masa itu serta dampak yang terjadi akibat dari tragedi tersebut.
Demikian ulasan singkat mengenai novel Namaku Alam. Dari poin 1-100, saya memberi rating 95/100 untuk novel ini.