Entertainment
·
6 September 2021 18:37
·
waktu baca 2 menit

Presiden Jokowi Akan Berikan Bantuan Insentif untuk Industri Film

Konten ini diproduksi oleh kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Presiden Jokowi memberi sambutan saat tinjau vaksinasi pelajar dan santri di SMA Beber, Cirebon, Jawa Barat. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memberikan bantuan insentif untuk industri film. Hal ini diketahui dari keterangan sutradara yang juga Ketua Bidang Penjurian Festival Film Indonesia 2021, Garin Nugroho.

ADVERTISEMENT

Garin Nugroho menyampaikannya usai bertemu dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/9). Selain Garin hadir juga Ketua Komite FFI 2021, Reza Rahadian, dan Sekretaris Komite FFI 2021, Linda Gozali.

“Dari segi kualitas, segi kerja, produktivitas, dan adaptasi dunia baru sekarang ini, dunia film dianggap bertumbuh dengan sangat baik, sehingga Presiden memberikan bantuan insentif pada orang film,” kata Garin.

Show more

Bantuan Insentif dari Presiden Jokowi untuk Industri Film sedang Diproses

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan PPKM di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Garin memang tidak menyebutkan secara mendetail mengenai besaran bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah. Namun, ia mengatakan, bantuan tersebut telah disetujui oleh Kementerian Keuangan dan akan segera diproses.

“Sekarang sedang diproses antara pemerintah dengan teman-teman di dunia film,” tutur Garin.

ADVERTISEMENT
Show more

Sutradara berusia 60 tahun ini mengungkapkan alasan pemerintah memberikan bantuan insentif untuk industri film.

“Untuk melakukan modal produksi dalam skema produktivitas film Indonesia menghadapi era tantangan ini (pandemi COVID-19),” ucap Garin.

Show more

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Garin Nugroho, sutradara film Moon Cake Story. Foto: Munady Widjaja/kumparan

Dalam pertemuan itu, perwakilan Komite FFI 2021 juga mengundang Jokowi untuk menghadiri Malam Anugerah ajang penghargaan tersebut yang akan digelar 10 November mendatang. Garin mengatakan Jokowi bersedia untuk hadir.

“Kalau tidak ada aral melintang, (Jokowi) hadir di Festival Film Indonesia," ujar Garin.