Otomotif

Adu Praktis Yamaha Lexi Vs Honda Vario 125, Mana yang Menang?

Yamaha Lexi Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Honda Vario 125 punya lawan sepadan sekarang lewat Yamaha Lexi. Secara umum kedua bentuknya lebih besar ketimbang motor matik 110 cc.

Yamaha Lexi memiliki tiga varian, standar, S, dan S ABS. Banderolnya mulai dari Rp 21 hingga 26 jutaan. Sementara Honda Vario 125 terdiri atas dua pilihan, CBS atau CBS ISS yang harganya berturut-turut Rp 20 dan Rp 21 jutaan.

Show more

Cocok nih jika keduanya dikomparasikan, utamanya dari sisi fitur maupun akomodasi penyimpanannya. Khususnya untuk model yang berbanderol Rp 21 jutaan, Vario CBS ISS dan Lexi standar. Berikut ulasannya.

Kapasitas bagasi

Oke kita mulai dari kapasitas bagasi Honda Vario 125 dulu. Dari data teknis volumenya 18 liter. Muat untuk mengakomodasi helm full face, atau jas hujan, jaket beserta sepatu.

Test Ride All New Honda Vario 150 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Sementara rivalnya, kapasitas bagasinya 12,8 liter. Secara bentuk memang tidak menyerupai wadah, melainkan lebih melandai bagian depannya, sehingga belum cukup mampu menyimpan helm.

Ilustrasi bagasi Yamaha Lexi Foto: dok. YIMM

Namun begitu itu cukup untuk mengakomodasi jaket, has hujan, hingga sarung tangan sekaligus. Bahkan bisa ditambah botol air mineral 600 ml dan tempat lap elastis.

Akomodasi penyimpanan lainnya

Kedua motor juga memiliki fasilitas lain untuk menyimpan barang. Utamanya pada hook atau cantelan pada dek tengah, sehingga bisa untuk meletakkan plastik maupun tas kecil.

Fitur all new Honda Vario Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Selain itu, khusus Vario 125 bisa mengandalkan slot penyimpanan bagian kiri untuk botol, dan sebelah kanan guna meletakkan sarung tangan atau koin.

Sayangnya untuk Lexi hanya bisa andalkan slot penyimpanan sebelah kiri. Itupun tidak terlalu luas, namun masih bisa menyimpan botol ukuran kecil. Adapun bagian kanannya untuk rumah kunci.

Yamaha Lexi Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Adu fitur modern

Nah soal fitur boleh dibilang Yamaha Lexi lebih unggul. Dari varian terendahnya ini sudah dilengkapi dengan power outlet, lampu hazard, juga Stop Start System (SSS) yang berguna mematikan mesin secara otomatis bila tidak digunakan sehingga efisiensi BBM terjaga.

Sementara dari dapur pacu, motor juga disematkan Smart Motor Generator (SMG) yang mensenyapkan suara starter, juga Variable Valve Actuation (VVA), teknologi pengatur bukaan katup untuk menyesuaikan suplai BBM ke ruang bakar.

Tombol-tombol pada setang kanan Yamaha Lexi S Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Tapi Vario 125 bukannya tanpa perlawanan. Motor sudah dilengkapi Idling Stop System (ISS) maupun ACG Starter seperti kepunyaan lawannya itu.

Tapi perbedaan dari Lexi, Honda sudah menyematkan kunci alarm (meski belum keyless) dan answer back system. Sedangkan untuk pengereman, ada Combi Brake System (CBS) yang memungkinkan rem depan dan belakang bekerja bersamaan.

Komparasi Honda Vario dan Yamaha Lexi Foto: dok. kumparan

Jadi mana yang kamu pilih antara Honda Vario 125 CBS ISS atau Yamaha Lexi standar? Tentunya sesuaikan dengan kebutuhan ya.

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan