Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan

25 April 2017 13:33
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69590)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi jadi bagian dari gaya hidup (Foto: thinkstock )
Banyak orang masih beranggapan jika meminum kopi setiap hari memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mereka takut nantinya akan menyebabkan insomnia ataupun ketagihan jika meminum kopi setiap hari.
ADVERTISEMENT
Padahal, kopi sebenarnya mengandung banyak manfaat dan sangat baik bagi kesehatan, loh. Kopi sarat akan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi memiliki resiko penyakit berbahaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.
Jadi, bagi kamu yang suka minum kopi setiap hari tidak perlu khawatir akan resiko yang disebabkan oleh kandungan kafein. Seperti dikutip Authority Nutrition, berikut enam manfaat dari kopi:
1. Kopi Dapat Meningkatkan Energi dan Kecerdasan Kamu
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69591)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi meningkatkan energi dan kecerdasan. (Foto: Thinkstock)
Tahukah kamu jika sebenarnya kopi bisa menolong orang dari rasa lelah dan membangkitkan energi kembali. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Kandungan ini merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.
ADVERTISEMENT
Setelah kamu meminum kopi, kafein akan distimulasi ke aliran darah. Dari sana, kafein akan meneruskan ke otak dan memiliki manfaat untuk meningkatkan memori, moode, kewaspadaan, serta tingkat energi.
2. Kopi Bisa Membantu Membakar Lemak
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69592)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi bisa membantu membakar lemak (Foto: Thinkstock)
Kamu sedang diet? Jika iya, mungkin kamu bisa memanfaatkan kopi untuk membakar lemak tubuh. Nyatanya, kafein selalu ditemukan dalam setiap suplemen diet.
Kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang sebenarnya membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar tiga hingga 11 persen.
Penelitian lain juga menunjukkan jika kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen bagi penderita obesitas dan 29 persen bagi seseorang yang bertubuh kurus.
ADVERTISEMENT
3. Kopi Dapat Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69593)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. (Foto: Thinkstock)
Diabetes tipe 2 saat ini menjadi permasalahan terbesar yang menelan sebanyak 300 juta orang di seluruh dunia. Hal ini ditandai dengan peningkatan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk mengeluarkan insulin.
Untuk beberapa alasan, orang yang suka meminum kopi memiliki risiko penurunan diabetes tipe 2 secara signifikan. Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah sebesar 23-50 persen, studi lain bahkan menunjukkan bahwa penurunan risiko bisa mencapai 67 persen. Setiap satu cangkir kopi memiliki tujuh persen penurunan risiko diabetes tipe 2.
4. Kopi Dapat Melindungi Kamu dari Penyakit Alzheimer dan Demensia
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69594)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi melindungi penyakit alzheimer&demensia (Foto: Thinkstock)
Penyakit Alzheimer merupakan peyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang orang tua yang berusia di atas 65 tahun.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan alzheimer. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah agar penyakit ini tidak muncul.
Selain makan makanan sehat dan berolahraga, minum kopi ternyata bisa sangat efektif untuk mencegah alzheimer, loh. Beberapa penelitian menunjukkan jika peminum kopi memiliki risiko penyakit alzheimer 65 persen lebih rendah.
5. Kopi Bisa Melawan Depresi dan Membuat Kamu Lebih Bahagia
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69595)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi bisa melawan depresi&buat lebih bahagia. (Foto: Thinkstock)
Depresi merupakan gangguan mental serius yang menyebabkan kualitas hidup berkurang secara signifikan. Bahkan, di Amerika orang yang mengalami gangguan depresi sebesar 4,1 persen.
Dalam sebuah penelitian di Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang meminum kopi sebanyak empat gelas atau lebih per harinya memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah. Penelitian lain yang melibatkan 208 ribu lebih orang mengungkapkan bahwa meminum kopi lebih dari empat gelas per hari memiliki kemungkinan bunuh diri 53% lebih rendah.
ADVERTISEMENT
6. Orang yang Suka Minum Kopi Memiliki Risiko Lebih Rendah Terkena Kanker
Mencerdaskan Otak dan 5 Manfaat Kopi Lainnya yang Baik Bagi Kesehatan (69596)
zoom-in-whitePerbesar
Minum kopi risiko kena kanker lebih rendah (Foto: Thinkstock)
Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dalam tubuh. Namun, ternyata kopi memiliki manfaat yang dapat melindungi seseorang dari kanker hati dan kanker kolorectal.
Kanker hati menempati posisi ketiga sebagai kanker paling mematikan di dunia, sedangkan kanker kolorectal menempati posisi keempat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar meminum kopi memiliki risiko 40% lebih rendah terkena kanker hati. Sedangkan penelitian lain yang dilakukan kepada 489 ribu lebih orang menunjukkan bahwa meminum kopi empat sampai lima gelas sehari dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorectal sebesar 15 persen.
Jadi, seberapa sering kamu meminum kopi setiap harinya?
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020